Menhub: LRT Akan Mulai Beroperasi 15 Juli 2018

Foto: Menteri perhubungan (Laman resmi Kementerian Perhubungan RI)

Thecocopost.id-Palembang. LRT di Palembang akan resmi dioperasikan pada 15 Juli 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Menhub RI, Budi Karya Sumadi.

“Setelah dilakukan tes dinamis dan rapat tadi, target pengoperasian LRT Palembang mulai 15 Juli 2018. Saya mengumpulkan seluruh kontraktor untuk membahas kesiapan LRT Palembang ini.” Kata Menhub dalam siaran pers yang dilakukan di Jakarta pada Minggu (27/5) kemarin.

Kedepannya, Menhub berharap LRT ini dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitasnya. Selain itu, Menhub juga sudah berdiskusi dengan Trans Musi untuk diadakan Bus Air, di mana nantinya LRT menjadi alat transportasi utama yang didukung oleh angkutan lain sebagai feeder.

LRT di Kota Palembang ini adalah hasil kolaborasi dari anak bangsa, baik konstruksi hingga pengoperasiannya. Hal inilah yang membuat Menhub merasa senang dan bangga.

Perlu diketahui bahwa LRT Palembang ini konstruksinya dikerjakan oleh PT Waskita Karya, persinyalan oleh PT LEN, pengoperasian oleh PT KAI dan rangkaian kereta dari PT INKA. Keseluruhannya adalah perusahaan asli Indonesia.

Uji Rangkaian Dinamis Dilakukan Langsung oleh Menhub Bersama Wartawan

Sebagai informasi, uji dinamis LRT Palembang yang dilakukan pada Minggu (27/5) ini dilakukan langsung oleh Menhub Budi Karya Sumadi dengan wartawan.

Pada uji coba kali ini, Menhub naik dari Stasiun LRT di zona V Jakabaring Sport City menuju Stasiun OPI Mall. Perjalanan ini berlangsung selama 15 menit dengan kecepatan sedang.

Pengiriman Rangkaian Selesai Akhir Juni

Dalam keterangannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, penyelesaian pengiriman rangkaian LRT Palembang akan segera diselesaikan. Menurutnya, penyelesaian ini harus sudah dilakukan paling lambat akhir Juni 2018.

Direktur Keuangan dan SDM INKA M. Nur Sodiq juga memastikan rangkaian LRT siap dilakukan pengiriman ke Palembang, Dia optimis, meski pengiriman dilakukan bertahap tapi bisa memenuhi rencana selesai pada akhir Juni 2018.

Jika semua sudah dikirim ke Palembang dan diuji coba, LRT akan diserahkan pada PT KAI selaku operator.

PT KAI nantinya akan mengoperasionalkan LRT Palembang di ajang Asian Games 2018 dan juga sebagai angkutan massal di Palembang.

LRT Palembang ini memiliki 8 rangkaian yang terdiri atas 24 kereta. Saat ini, masih 2 rangkaian yang sudah dikirim PT INKA ke Palembang. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: