Menhub: KA Jadi Angkutan Favorit Pemudik

Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan sesi wawancara di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat (Tribunnews.com/Reza Deni)

Thecocopost.id-Jakarta. Menhub RI, Budi Karya Sumadi mengatakan KA menjadi angkutan favorit pemudik. Hal ini didukung dari fakta jika tiket KA selalu habis tiap tahunnya.

“Dari tahun ke tahun tiketnya selalu habis,” ujar Budi di Stasiun Gambir pada Minggu (3/6), dikutip dari laman Tribunnews.com.

Budi juga mengatakan, 2 tahun lagi KA dari Jakarta ke Surabaya akan memiliki prasaranan yang lebih baik.

“Insyaallah 2 tahun lagi Jakarta-Surabaya ditempuh 5,5 jam dengan kecepatan 140 km/jam,” kata Budi, dikutip dari laman Tribunnews.com.

Menhub mengatakan, pelayanan yang diberikan PT KAI sangat baik.

“Rata-rata puas dengan level of service PT KAI. Harga juga relatif murah, kedatangan tepat wakti, aman, dan nyaman,” kata Budi, dikutip dari laman Tribunnews.com.

Oleh karena itu, Budi mengapresiasi jajaran PT KAI yang terus bekerja untuk kepentingan masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman.

“Saya apresiasi. Kerja ini harus ditingkatkan dan konsisten,” kata Budi, dikutip dari laman Tribunnews.com.

Sebagai informasi, Menhub melakukan kunjungan ke berbagai tempat seperti bandara, terminal, dan stasiun pada Minggu (3/6) di Jakarta menjelang mudik Lebaran 2018. Salah satu kunjungannya adalah ke Stasiun Gambir.

KA Semi Cepat Siap 2 Tahun Lagi

Di sela-sela wawancaranya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, 2 tahun lagi Jakarta dan Surabaya dapat ditempuh dalam 5,5 jam dengan kecepatan 140 km/jam. Hal tersebut merujuk pada KA semi cepat yang akan dioperasikan 2 tahun lagi dengan rute Jakarta-Surabaya.

“Kami membuat kualifikasi prasarana yang baik. Insyaallah 2 tahun lagi Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam 5,5 jam dengan kecepatan 140 km/jam,” kata Budi dalam siaran persnya seperti dikutip dari laman Jpnn.com.

Hadirnya KA semi cepat ini akan mempersingkat waktu tempuh.

Untuk pengerjaan proyek KA semi cepat ini nantinya akan menggunakan pola pendanaan pinjaman dan kerjasama pemerintah dengan KPBU.

Budi mengatakan, pekan depan pembangunan KA semi cepat kana segera menerima finalisasi pra-studi dari JICA.

“Skema pendanaan dengan kombinasi pinjaman dan KPBU. Progresnya minggu depan akan saya terima finalisasi pra-studi dari JICA,” kata Budi, dikutip dari laman Jpnn.com. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: