Mengenal ‘Rail Clinic’ Milik PT KAI

Foto: Kereta api Rail Clinic di Balai Yasa Yogyakarta (id.wikipedia.org)

Thecocopost.id-Yogyakarta. Beberapa hari yang lalu, saya melakukan perjalanan ke Purwokerto dengan menggunakan kereta api. Ketika kereta api yang saya tumpangi tiba di Stasiun Solo Balapan, saya melihat ada rangkaian kereta api yang menyerupai KRD (Kereta Rel Diesel) dengan cat hijau bertuliskan ‘Rail Clinic’. Namun, apakah sebenarnya kegunaan dari kereta api tersebut?

Mengutip dari laman TribunJogja.com, Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengataan, Rail Clinic adalah kereta api khusus yang disediakan PT KAI untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Rangkaian kereta api Rail Clinic ini berjumlah empat dengan pembagian dua rangkaian di Jawa dan dua rangkaian di Sumatera.

Dalam satu rangkaian Rail Clinic, terdapat lima dokter yang melayani cek kesehatan untuk masyarakat. Dua dari lima dokter tersebut adalah dokter gigi.

Selain menyediakan jasa cek kesehatan, Rail Clinic juga menyediakan obat-obatan yang bisa didapatkan secara gratis.

Berdasarkan keterangan dari Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, rangkaian kereta Rail Clinic terdiri atas empat kereta KRD yang dibuat oleh Nippon Sharyo Jepang. Pemolesan Rail Clinic dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta pada tahun 2017.

Rail Clinic tidak hanya beroperasi di stasiun-stasiun kereta api saja, namun terus berkeliling untuk memberikan layanan kesehatan di daerah-daerah yang belum terjangkau layanan kesehatran. Selain itu, Rail Clinic juga melayani bantuan kesehatan darurat ketika terjadi bencana alam.

Salah satu bukti pelayanan Rail Clinic pada saat darurat adalah ketika terjadi erupsi Gunung Agung di Bali pada pekan lalu. Saat itu, Rail Clinic dikirimkan ke Banyuwangi untuk melayani warga yang terdampak erupsi.

Suasana di dalam kereta Rail Clinic bisa dikatakan mirip dengan Puskesmas atau Rumah Sakit. Hal itu dikarenakan adanya ruang cek darah, tempat tidur pasien, dan fasilitas kesehatan lainnya yang ditunjang dengan alat pendingin udara.

Dalam segi pelayanannya, Rail Clinic selalu memberikan pelayanan yang ramah kepada masyarakat yang berkunjung. Hal itu dibuktikan dari penuturan warga Mejing Lor, Sleman yang bernama  Ponim. Dirinya mengaku puas dengan pelayanan dari dokter-dokter yang ramah.

Pelayanan yang baik dari Rail Clinic ini juga direspon positif oleh masyarakat lainnya. Respon positif dibuktikan dengan total kunjungan masyarakat ke Rail Clinic yang selalu melebihi target harian. Ke depannya, pelayanan Rail Clinic akan diperpanjang apabila respon masyarakat masih tinggi. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: