Mencoba Brongkos di Dekat Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta

Brongkos Telur di Warung Brongkos Handayani (The Coco Post Indonesia/Lugas Rumpakaadi)

Thecocopost.id-Menyebut Yogyakarta pasti membuat #COCOReader langsung terpikir mengenai sebutannya sebagai Kota Gudeg. Ya, salah satu makanan khas di Yogyakarta yang terkenal adalah Gudeg.

Namun, tahukah #COCOReader bahwa ada makanan khas lain di Yogyakarta selain Gudeg? Berdasarkan pencarian The Coco Post Indonesia, ternyata ada makanan khas lain yang tidak kalah enak dari Gudeg. Namanya adalah Brongkos.

Karena penasaran, dua Journalist on Duty The Coco Post Indonesia memutuskan untuk mencari makanan yang satu ini saat mengunjungi Yogyakarta pada Sabtu (14 Maret 2020). Berdasarkan hasil pencarian, kami akhirnya menemukan rumah makan yang menyediakan Brongkos, yakni di dekat Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta.

Nama rumah makan tersebut adalah “Warung Brongkos Handayani”. Rumah makan tersebut terletak di Jalan Gading No. 2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, letak rumah makan ini persis di sebelah selatan Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta.

Pada kesempatan itu, kami mencoba salah satu varian Brongkos yang disediakan, yakni Brongkos Telur. Warung Brongkos Handayani menyediakan dua varian Brongkos, yakni Brongkos Telur dan Brongkos Koyor.

Harga yang dipatok untuk satu porsi Brongkos Telur adalah sebesar Rp16.000,00. Di dalamnya terdapat nasi, telur, tahu, kacang, dan kerupuk. Lebih jelasnya #COCOReader bisa melihat foto Brongkos yang sudah kami sediakan di bawah judul.

Seperti halnya Gudeg dan makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta lainnya, Brongkos memiliki cita rasa yang manis. Telur, kacang, dan tahu yang disediakan memiliki rasa yang manis. Tentunya ini sedikit kurang cocok di lidah orang Jawa Timur seperti kami yang terbiasa memakan makanan asin-pedas.

Menurut pengamatan kami di lokasi, Warung Brongkos Handayani sepertinya sudah lama buka dan merupakan salah satu warung legenda di Yogyakarta. Selain itu, warung ini juga sudah pernah dikunjungi oleh jurnalis kuliner terkenal Alm. Bondan Winarno.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: