Memperingati Hari Kereta Api Nasional, Inilah Kegiatan yang Dilakukan Komunitas Railfans

Thecocopost.id-MALANG, INDONESIA. Dalam rangka memperingati Hari Kereta Api Nasional yang jatuh pada Sabtu (28/9/2019), beberapa komunitas penggemar kereta api (Railfans) menggelar berbagai acara yang menarik. Acara tersebut digelar tepat satu hari setelah Hari Kereta Api Nasional, yakni pada hari Minggu (29/9/2019). Berdasarkan hasil yang dihimpun The Coco Post Indonesia, berikut adalah beberapa kegiatannya.

1. Pameran Foto Kereta Api

Minggu (29/9/2019) pagi, di Gedung Olah Raga (GOR) Untung Surapati, Kota Pasuruan, Korwil Pasuruan Komunitas Railfans Daop 9 (KRD9) mengadakan Pameran Foto Kereta Api. Pameran ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Car Free Day.

“Hari ini dalam rangka hari kereta api nasional, KRD9 mengadakan pameran foto kereta api. Acara ini diselenggarakan saat CFD di GOR Untung Surapati, Kota Pasuruan. Dari jam 6 sampai jam 9,” ujar Paramadina Muhammad, Humas KRD9 ketika dihubungi The Coco Post Indonesia melalui sambungan pesan singkat.

Dalam pameran foto tersebut, KRD9 menampilkan berbagai macam kereta api di wilayah Daerah Operasional (Daop) IX Jember. KRD9, pada kesempatan tersebut ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa di wilayah tersebut memiliki keindahan melalui media fotografi kereta api.

“Respon masyarakat sangat antusias, dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang menonton pameran kami dan ada juga yang berdiskusi dengan kami tentang kereta api,” jelasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Rama, Koordinator Wilayah Pasuruan Arkan Putra mengatakan bahwa acara tersebut cukup menarik antusiasme masyarakat Pasuruan. Beberapa pengunjung juga sempat bertanya mengenai foto yang yang dipamerkan.

2. Sosialisasi Perlintasan Sebidang
Railfans Malang Raya

Di waktu yang bersamaan, Railfans Malang Raya juga mengadakan Sosialisasi di Perlintasan Sebidang. Sosialisasi tersebut diadakan di JPL 53 dekat Stasiun Singosari, Kabupaten Malang.

“Sosialisasi ini juga instruksi dari Humas (Daop VIII Surabaya, Suprapto) juga. Sebenarnya kami (Railfans Malang) ingin bikin acara itu di stasiun. Berhubung Stasiun Malang tidak bisa digunakan. Jadi tidak boleh di Stasiun Malang, di stasiun lain boleh,” jelas Arif, Media Officer Railfans Malang Raya ketika ditemui The Coco Post Indonesia, Rabu (2/10/2019).

Railfans Malang kemudian membuat kegiatan sosialisasi yang bertempat di JPL 53 berdasarkan saran dari Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Daerah Operasional (Daop) VIII Surabaya. Pada sosialisasi tersebut, setidaknya ada 30 anggota yang hadir.

“(Sosialisasi) ya hampir sama dengan yang lain. Kita bentangin banner, kita datangi pengendara satu-satu untuk sosialisasi. Jangan sampek melanggar pintu (perlintasan) kereta api. Ya kalau ada yang melanggar, ya kita kasih tahu,” katanya.

Railfans Malang Raya merupakan komunitas penggemar kereta api yang berbasis di Kota Malang. Komunitas ini dibentuk pada 30 April 2010, bersamaan dengan diluncurkannya KA Malabar relasi Malang-Bandung PP.

3. Mini Talkshow Bedah Tipis Transportasi x Youtube

Di Kota Surabaya, Komunitas Sahabat Kereta mengadakan Mini Talkshow Bedah Tipis Transportasi x Youtube. Kegiatan ini diselenggarakan di East Atrium Grand City Mall Surabaya.

Melansir unggahan resmi di Instagram Sahabat Kereta, @sahabat_kereta, kegiatan ini di mulai pada pukul 10.00 WIB dengan menghadirkan narasumber YouTube Creator transportasi, seperti Dhannie Setiawan, Risang Anggara, Andriawan Pratikto, dan Irja Nailal Ulya.

“Kegiatan ini dihadiri sebanyak 150 peserta dan 12 tamu undangan dari perwakilan komunitas Railfans di Jawa Timur,” tulis Sahabat Kereta melalui Instagram.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: