Melihat Miniatur Kereta Api dari Limbah Kayu Lapis di Jombang

Thecocopost.id-JOMBANG, INDONESIA. Limbah kayu lapis (tripleks) di Jombang ternyata bisa disulap menjadi sebuah miniatur kereta api (KA) yang bernilai ekonomis. Hal ini dilakukan oleh seorang warga Jombang bernama Feri Koirul Arif.

Feri mulai menekuni kerajinan miniatur KA dari limbah kayu ini sejak tiga tahun yang lalu. Awalnya, dirinya secara tidak sengaja mencoba membuat mainan anaknya dari bekas potongan tripleks yang ada di belakang rumahnya.

Hasil dari buatan mainan tersebut kemudian difoto dan ditunjukkan kepada teman-temannya serta pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) di Stasiun Jombang. Sejak saat itu, mulai ada pesanan miniatur KA dari limbah tripleks yang dibuatnya. Untuk memenuhi pesanan tersebut, kini bahan baku tripleks diambilnya dari galangan kayu.

Proses pembuatan miniatur KA yang dibuat seluruhnya dibuat secara manual dengan peralatan sederhana, seperti cutter, gergaji, penggaris, dan pensil. Tripleks yang diambilnya dari galangan kayu diukur dengan penggaris, kemudian dipotong menggunakan cutter dan gergaji. Potongan tersebut dibentuknya menjadi sebuah KA.

Waktu pembuatan miniatur KA ini tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitannya. Untuk membuat satu buah lokomotif dan kereta berukuran satu meter, dirinya membutuhkan waktu setidaknya satu minggu.

Harga yang dipatok untuk miniatur ini berada di kisaran Rp300.000,00 hingga Rp1.000.000,00. Harga tersebut menyesuaikan ukurannya serta kesulitan detailnya. Untuk pemesanan dengan detail tinggi dan berukuran kecil, harga yang dipatok bisa lebih dari itu.

Ke depannya, usaha kerajinan ini akan dikembangkan untuk membuka lapangan kerja baru di wilayah Jombang.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: