Muludan

Indonesia Inside

Thecocopost.id-LAMONGAN, INDONESIA. Sahabat pembaca, hari sabtu kemarin adalah libur nasional. Tanggal merah itu diperingati sebagai hari lahirnya Muhammad SAW alias maulid nabi. Hari besar bagi umat Islam.

Maulid adalah perayaan yang global mengingat umat Islam tersebar di seluruh dunia. Dengan beragamnya budaya dari umat Islam, tentu bentuk perayaannya pun juga beragam.

Budaya maulid yang sangat terkenal di Indonesia adalah upacara Sekaten yang dilaksanakan oleh Kraton Yogyakarta. Namun, selain sekaten ada juga budaya yang dilakukan serentak di pulau jawa, yaitu pawai obor.

Hmmm, kenapa begitu ya?

Ternyata tradisi tersebut dimulai sejak akhir abad ke-15 di zaman Kerajaan Majapahit. Obor pada masa itu adalah penerang di malam hari. Lalu makna obor dalam pawai maulidan berarti lahirnya Nabi Muhammad menandakan berubahnya zaman dari kegelapan menuju terang benderang.

Jadi sahabat pembaca, bahkan di zaman modern seperti ini hal-hal yang bersifat tradisional tak selalu bersifat terbelakang. Karena seringkali tradisi punya makna yang sangat dalam.

Semoga kita bisa menghayati perayaan maulid karena lahirnya Muhammad SAW adalah rahmat bagi semesta alam.

(fmi)

Fadel M. Irfan

Jurnalis pertanian yang sangat senang sejarah.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: