Maska Inisiasi Kerjasama di Bidang Perkeretaapian

Thecocopost.id-Kota Madiun. Masyarakat Kereta Api (MASKA) melakukan inisiasi kerjasama dengan perguruan tinggi di bidang perkeretaapian. Penandatangan nota kesepahaman kerjasama ini dilakukan di kantor PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) di Kota Madiun pada Kamis (17/5).

Kerjasama yang dilakukan ini bertujuan untuk pengembangan perkeretaapian nasional. Maska, dalam hal ini sebagai inisiator, menginisiasi penandatanganan nota kesepahaman untuk kerja sama di antara industri nasional (BUMN) dan perguruan tinggi.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh empat perguruan tinggi dan tiga perusahaan industri BUMN. Keempat perguruan tinggi tersebut antara lain adalah Universitas Narotama Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Jember (UNEJ). Sedangkan ketiga perusahaan industri yang menandatangani di antaranya PT INKA (Persero), PT LEN Industri (Perssero), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Acara penandatanganan nota kesepahaman ini dilaksanakan di PT INKA (Persero) dan dihadiri oleh Ketua MASKA, Hermanto Dwiatmoko; Dirut PT INKA (Persero), Budi Noviantoro; Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA (Persero), Agung Sedaju; Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Mohamad Bisri, M.S.; Rektor Universsitas Narotama Surabaya, Hj. Rr. Iswahyu Dhaniarti DS., ST, M.HP.; dan beberapa pejabat lain dari BUMN dan perguruan tinggi.

Melansir dari laman resmi PT INKA, ruang lingkup kerjasama ini meliputi: pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan industri perkeretaapian; penyelenggaraan kuliah umum, seminar ilmiah, workshop, pameran, dan kegiatan ilmiah lain; memfasilitasi dosen dan peneliti dari masing-masing perguruan tinggi untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat; dan menyediakan tenaga ahli sebagai narasumber dalam acara kajian ilmiah dan pengembangan IPTEK di masing-masing perguruan tinggi.

Dirut PT INKA (persero), Budi Noviantoro mengatakan, saat ini perkeretaapian Indonesia mulai mengembangkan teknologi medium and high speed train. Pada Januari 2018, PT INKA (Persero) juga sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Institut Sepuluh Nopember (ITS). Dia berharap, kerjasama ini akan memberikan motivasi pada universitas lain untuk bekerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan perkeretaapian nasional. (ldr)

Foto: Penandatangan kerjasama Maska dengan Perguruan Tinggi di Bidang Perkeretaapian (oleh www.inka.co.id)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: