Malang yang Sejuk

WUSF

Thecocopost.id-MALANG, INDONESIA. Sahabat pembaca, Malang adalah kota yang istimewa. Hawanya sejuk, biaya hidupnya relatif murah, wanitanya manis, dan punya banyak tempat wisata.

Subjektifkah diri saya? Bisa iya bisa juga tidak. Tapi harus diakui, Malang punya daya tarik tersendiri. Selain hal yang telah saya uraikan diatas, ada juga faktor yang membuat Malang makin istimewa. Yaitu, alun-alunnya.

Bagi kera ngalam tentu alun-alun itu menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi sayang sekali, bukan wujud alun-alunnya yang saya maksud tapi simbol agama disekelilingnya.

Bila dilihat secara seksama, di muka alun-alun terdapat Masjid Jami’ yang kubahnya luar biasa megah. Kemudian disamping masjid itu terdapat Gereja Protestan Immanuel. Selanjutnya di Kayutangan, tidak jauh dari GPIB Imanuel terdapat gereja Katolik bernama Hati Kudus Yesus.

Meskipun 97% penduduk Kota Malang beragama Islam namun heritage gereja itu tetap kokoh berdiri. GPIB Immanuel sejak 1861 dan 1905 buat yang di Kayutangan. Kedua tempat ini sejatinya menjadi saksi bisu perjalanan Kota Malang dari masa ke masa. Inilah bukti toleransi sahabat pembaca, yaitu menghormati hak umat beragama lain.

Malang ancen’ekipa puol sam!

(fmi)

Fadel M. Irfan

Jurnalis pertanian yang sangat senang sejarah.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: