Lokomotif DD 52, The Big Boy of Indonesia

Thecocopost.id-Kota Malang. Lokomotif Big Boy adalah salah satu lokomotif terbesar dan terkuat yang pernah beroperasi di daratan Amerika Serikat. Namun, ternyata di Indonesia sendiri pernah ada lokomotif yang besar dan kuat yang beroperasi. Lokomotif tersebut diberi nomor lokomotif ‘DD 52’.

Lokomotif ‘DD 52’ adalah lokomotif terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia. Lokomotif ini adalah jenis lokomotif uap mallet dengan susunan roda 2-8-8-0 yang dibeli oleh salah satu perusahaan kereta api Belanda kala itu, Staatspoorwegen.

Lokomotif ini pernah beroperasi di daerah Jawa Barat. Kala itu, lokomotif ‘DD 52’ ini bertugas untuk menarik kereta barang yang melintasi Pegunungan Priangan. Selain itu, beberapa kali lokomotif ini juga ditugaskan untuk menarik kereta penumpang. Warga disekitar jalur yang dilewati lokomotif ini memberi julukan ‘Si Gombar’.

Pada akhir masa hidupnya, lokomotif ‘DD 52’ ditugaskan melayani kereta api lokal Bandung-Cibatu-Garut. Lokomotif ini dialokasikan di beberapa dipo yaitu Bandung, Purwakarta, dan Cibatu.

Di tahun 1980-an tercatat hanya tinggal dua lokomotif ‘DD 52’ yang masih aktif yaitu ‘DD 52 03’ dan ‘DD 52 08’. Saat ini, lokomotif ini sudah dinyatakan punah dan telah dirucat. (ldr)

Data teknis
Sumber tenaga Uap
Produsen Werkspoor, Belanda; Hanomag, Jerman; Hartmann, Jerman.
Nomor seri DD52 / SS 1250
Model DD52
Tanggal dibuat 1923-1924
Jumlah dibuat 10 unit
Spesifikasi roda
Notasi Whyte 2-8-8-0
Susunan roda AAR 1-D-D
Klasifikasi UIC (1D’)D’
Dimensi
Lebar sepur 1.067 mm
Diameter roda 1102 mm
Panjang 20.737 mm
Lebar 2.670 mm
Berat
Berat kosong 133 ton
Bahan bakar
Jenis bahan bakar Kayu jati
Sistem mesin
Ukuran silinder 700 mm x 610 mm (depan), 450 mm x 610 mm (belakang)
Kinerja
Kecepatan maksimum 50 km/h
Daya mesin 1850 hp
Jari-jari lengkung terkecil 170 m

Foto: Lokomotif DD 52 (oleh id.wikipedia.org)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: