Laporan Khusus: PT KAI Daop IX Jember Resmi Mengoperasikan KA Wijaya Kusuma Di Awal September

Foto: KA Wijaya Kusuma (kereta-api.info)

Thecocopost.id-Jember. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional IX Jember (PT KAI Daop IX Jember) resmi mengoperasikan KA Wijaya Kusuma pada 1 September mendatang. Pengoperasian KA ini diharapkan dapat menjadi alternatif baru bagi warga Banyuwangi dan sekitarnya yang ingin melakukan perjalanan ke Kota Surabaya, Madiun, Solo, Yogyakarta, hingga Cilacap.

Manajer Humas PT KAI Daop IX Jember, Luqman Arif, pada Senin (27/8/2018) mengatakan, beroperasinya KA Wijaya Kusuma ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Banyuwangi. Banyuwangi, saat ini, sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang mendunia dan KA Wijaya Kusuma adalah salah satu alternatif transportasi untuk berkunjung ke Jember dan Banyuwangi.

Sekilas Tentang KA Wijaya Kusuma

Foto: Peluncuran perdana KA Wijaya Kusuma di Stasiun Cilacap. (id.wikipedia.org)

KA Wijaya Kusuma atau lebih dikenal sebagai Wikus dan Wikus Premium adalah salah satu kereta api kelas premium yang dioperasikan oleh PT KAI. Kereta api ini awalnya diluncurkan di Stasiun Cilacap pada 26 September 2017 dengan relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo Balapan PP. Kereta api ini menggunakan nomor kereta 10590, 10331, 10592, 10557 dalam perjalanannya.

KA Wikus biasanya beroperasi menggunakan rangkaian kereta premium yang sebelumnya digunakan oleh KA Argo Parahyangan Tambahan Premium (Gambir-Bandung PP), yakni rangkaian kereta premium generasi pertama. Harga tiket yang dipatok sekitar Rp70.000,00 untuk perjalanan dari Cilacap menuju Solo.

Perpanjangan Relasi Hingga Banyuwangi

Foto: Ilustrasi KA Wijaya Kusuma (infonawacita.com)

Pada hari Jumat (24/8/2018) kemarin, Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Supriyanto mengonfirmasi kebenaran informasi ini. KA Wijaya Kusuma akan dioperasikan dengan relasi baru, yakni Cilacap-Banyuwangi Baru PP. Perpanjangan relasi ini bertujuan untuk mengakomodasi masyarakat dari Cilacap yang hendak berpergian ke Surabaya, Jember, dan Banyuwangi yang memiliki potensi wisata dan pendidikan yang cukup tinggi.

Nantinya, KA Wijaya Kusuma akan membawa empat kereta kelas eksekutif, tiga kereta kelas ekonomi premium, dan satu kereta pembangkut dengan kapasitas 392 tempat duduk. Perjalanan KA Wijaya Kusuma juga akan dipangkas dari yang awalnya empat kali menjadi dua kali (masing-masing satu kali pemberangkatan dalam sehari dari Stasiun Cilacap dan Stasiun Banyuwangi Baru).

Jadwal keberangkatan KA Wijaya Kusuma yang berlaku mulai 1 September 2018 bisa dilihat di bawah ini.

Tarif yang dipatok selama satu bulan penuh adalah tarif promo sebesar Rp130.000,00. Tiket KA Wijaya Kusuma juga sudah bisa dipesan sejak 23 Agustus 2018 melalui kanal-kanal penjualan tiket PT KAI. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: