Kopi Murni

Thecocopost.id-MALANG, INDONESIA. Sahabat pembaca, dalam dunia perkopian pun juga ada istilah murni. Tapi, murni disini konsepnya nggak sama lho ya dengan susu murni yang 100% dari sapi.

Murni dalam perkopian disebut sebagai single origin coffee (SOC). Arti kalimat ini adalah kopi tersebut datang dari satu tempat, baik itu dari suatu petani, sekelompok petani, maupun daerah.

Namun pengertian itu masih bisa diperluas karena biji kopi yang dilabeli SOC kadang diambil dari beberapa pemasok atau bahkan dari sebuah negara. Kalau sudah begitu, konsep SOC tak ubahnya seperti trik pemasaran saja.

Prinsipnya, SOC adalah biji kopi harus ditumbuhkan di daerah yang spesifik. Tujuannya agar kopi tersebut memiliki rasa unik/khas yang tercipta dari alam maupun musim tertentu.

Biasanya, menu SOC di kafe/kedai dijual dengan harga premium. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis SOC yang tersebar di berbagai wilayah seperti yang ada pada gambar dibawah ini:

Kopi Tubrik

Jadi bagi sahabat pembaca yang ingin mencoba SOC, saya sarankan amati dulu dengan detail biar nggak kecele sama trik marketing kedai. Harganya premium soalnya.

(fmi)

Fadel M. Irfan

Jurnalis pertanian yang sangat senang sejarah.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: