Kopi Campuran

Office Advantage

Thecocopost.id-LAMONGAN, INDONESIA. Minuman kopi umumnya berwarna hitam pekat dan rasanya pahit. Hal ini disebabkan karena proses penyangraian (roasting) pada biji kopi. Tapi ada lho kopi yang warna dan rasanya tidak demikian.

Maksudnya kopi susu kan? Oh bukan sahabat pembaca. Kopi yang saya maksud adalah house blend (HB). Jenis kopi ini berasal dari racikan berbagai jenis single origin. Nah, biar nggak bingung edisi Kopi Murni dapat dipahami terlebih dulu.

Kopi HB diciptakan buat mendapatkan rasa yang lebih kompleks. Adapun jumlah single origin yang digunakan adalah sekitar 2 hingga 4 jenis. Misalnya antara Javanica Ijen dengan Kintamani. Semakin banyak jenis kopi yang dicampur maka makin kompleks pula aroma kopi yang dihasilkan.

Dari segi harga, house blend lebih murah daripada single origin sahabat pembaca. Lalu, proses pencampurannya harus dilakukan oleh barista agar mendapatkan signature alias cita rasa khas tersendiri. Semakin profesional baristanya maka cita rasa yang dihasilkan juga semakin unik, contohnya adalah kopi beraroma kakao maupun jasmine tea.

Ngomong-ngomong, barista itu apa ya?

(fmi)

Fadel M. Irfan

Jurnalis pertanian yang sangat senang sejarah.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: