Konsep Desain Stasiun Malang Dimatangkan

Thecocopost.id-Kota Malang. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) saat ini sedang membahas desain perombakan Stasiun Malang. Direktur Utama (Dirut) PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, saat ini desain Stasiun Malang sedang dalam proses pembahasan.

Edi mengatakan (dikutip dari Harian Surya 13 April 2018), ada perombakan desain di tahun ini. Jika desain sudah selesai, akan segera diumumkan.

Dirinya menyatakan, Stasiun Malang memang membutuhkan penataan ulang. Karena itu, jajaran Direksi PT KAI dan konsultan membuat desain baru untuk pengembangan Stasiun Malang yang semakin tahun semakin ramai.

Edi juga menegaskan (dikutip dari Harian Surya 13 April 2018), jika desain sudah jadi, pihaknya akan meminta dibuatkan sebuah maket besar dan dipasang di depan (stasiun). Permintaan tersebut dilakukannya agar nanti siapapun dirut yang menjabat setelah dirinya tidak mengubah rencana maket yang telah dibuat dan supaya tidak hilang.

Menurut informasi yang didapatkan, salah satu perubahan dari Stasiun Malang nantinya adalah tampak depan (yang menghadap ke arah Tugu). Jika pada saat ini keluar masuknya penumpang dilayani melalui pintu yang berada di sisi barat jalur rel, kemungkinan nantinya akan diubah di sisi timur jalur rel (arah Dipo Lokomotif Malang). Namun, ada dua pilihan, yaitu adanya dua pintu keluar masuk penumpang. Dua pintu masuk tersebut berada di sisi barat dan di sisi timur jalur rel.

Nantinya, akan dibuatkan jalur khusus untuk penumpang KA lokal yang dipisahkan dengan penumpang KA jarak jauh. Desain ini nantinya akan mirip seperti Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Bandung.

Sebelum merencanakan perombakan ini, PT KAI saat ini mulai menata sisi depan Stasiun Malang. Beberapa perubahan yang dilakukan antara lain menggusur beberapa beberapa toko yang berada di sisi utara stasiun. Saat ini, areal tersebut menjadi ruang tunggu penumpang yang lebih luas dari sebelumnya, ada juga area pembelian tiket selain “Go Show” yang ada di sana. Untuk areal pembelian tiket yang lama, hanya untuk pembelian secara Go Show atau yang akan melaksanakan perjalanan pada hari tersebut.

Permasalahan lain yang ada di Stasiun Malang adalah masih kurangnya tempat parkir yang memadai dan juga masih belum memiliki zona penurunan penumpang. Area parkir saat ini hanya menggunakan bahu Jalan Trunojoyo yang dekat dengan pertigaan, sehingga jalanan tersebut terkesan padat dan tidak teratur. Selain itu, belum adanya zona penurunan penumpang menyebabkan penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api hanya di drop di depan stasiun (tepat di pertigaan Jalan Trunojoyo). (ldr)

Sumber gambar: Kabarpenumpang.com


Tulisan ini bersumber dari Harian Surya 13 April 2018 dan dikembangkan serta disebarluaskan kembali oleh The Coco Post.

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: