Kerusuhan Jakarta: Perjalanan KA Dimodifikasi

Tribunnews.com

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Protes hasil pemilu yang meningkat menjadi kerusuhan Selasa (21/5/2019) malam telah menyebabkan gangguan kereta komuter di ibukota sejak Rabu (22/5/2019) pagi, mengakibatkan penumpang terlantar di stasiun.

Kerusuhan yang bermula di Jl. MH.Thamrin, Jakarta Pusat, meluas hingga ke Tanah Abang, di mana salah satu stasiun transit jalur komuter utama berada.

Leila, penumpang jalur komuter yang berangkat dari Stasiun Rawabuntu di Tangerang Selatan menuju Stasiun Tanah Abang di Jakarta Pusat untuk bekerja, terpaksa turun di Stasiun Kebayoran di Jakarta Selatan karena modifikasi rute oleh operator jalur komuter milik negara PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

“Sangat disayangkan, saya harus pergi ke Tanah Abang tetapi sekarang saya harus menggunakan transportasi umum dari sini. Tapi lebih baik daripada terlantar di Tanah Abang,” katanya di Kebayoran, seperti dilaporkan oleh The Jakarta Post.

Juru bicara KCI Anne Purba mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Rabu bahwa perusahaan telah memodifikasi rute jalur komuter menuju Stasiun Palmerah dan Stasiun Tanah Abang.

“Dengan modifikasi ini, kereta api dari stasiun Rangkas Bitung, Maja, Parung Panjang dan Serpong tidak akan berhenti di Stasiun Palmerah dan Tanah Abang. Sementara itu, kereta di jalur loop dari Bogor, Depok, stasiun Nambo dan stasiun Duri dan Jatinegara hanya akan beroperasi sampai Stasiun Manggarai,” katanya.

Dia mengatakan keputusan itu dibuat untuk keselamatan penumpang.

Selain itu, penumpang kereta dengan tiket yang berangkat dari Stasiun Gambir di Jakarta Pusat diizinkan untuk berangkat dari Stasiun Jatinegara di Jakarta Timur.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) I Jakarta telah memutuskan untuk memodifikasi 33 keberangkatan kereta api setelah beberapa demonstrasi massal yang sedang berlangsung di Jakarta Pusat berpotensi menyebabkan penumpang yang menuju Stasiun Gambir terjebak dalam kemacetan.

PT KAI mengatakan modifikasi akan dilaksanakan dari jam 5.25 pagi hingga 11.00 malam. di hari Rabu (22/5/2019).

“Biasanya, kereta yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Namun, hari ini kereta akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk menjemput atau menurunkan penumpang,” kata Eva Chairunisa, manajer komunikasi senior di PT KAI DAOP I Jakarta dalam sebuah pernyataan.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: