Kereta Sleeper Siap Dioperasikan Lebaran 2018

Thecocopost.id-Kota Madiun. PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) mendapatkan pesanan beberapa unit kereta sleeper seat dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI). Saat ini, pesanan tersebut sudah dinyatakan rampung dan siap untuk digunakan pada Lebaran 2018.

Hingga Lebaran 2018 nanti tercatat sekitar empat unit kereta sleeper seat yang diproduksi oleh PT INKA ini akan rampung. Satu kereta sleeper seat berkapasitas delapan belas kursi. Kereta sleeper seat ini nantinya memiliki bentuk kursi yang mirip dengan kursi pesawat kelas bisnis. Kursi tersebut bisa digeser dan diatur sehingga penumpang dapat merebahkan sandaran kursi hingga menyerupai tempat tidur.

Sepuluh kereta sleeper seat yang dipesan oleh PT KAI dari total 438 kereta memiliki desain khusus. Empat kereta didesain sleeper seat biasa sedangkan enam lainnya didesain double decker atau bertingkat dua. Kapasitas dari empat kereta yang memiliki desain biasa adalah delapan belas tempat duduk, sedangkan enam lainnya yang didesain double decker berkapasitas 27 tempat duduk.

Kereta slepeer seat yang berkapasitas delapan belas tempat duduk dilengkapi TV di masing-masing kursi. Pada setiap barisnya hanya terdapat satu kursi besar untuk satu orang. Sedangkan untuk kereta sleeper seat yang berkapasitas 27 tempat duduk, masing-masing barisnya dapat digunakan hingga tiga orang.

Hingga saat ini, sayangnya PT INKA menyatakan bahwa kereta sleeper seat double decker belum diproduksi. Hal itu berbeda dengan kereta sleeper seat yang siap digunakan pada Lebaran 2018. Rencananya, kereta sleeper seat double decker akan selesai diproduksi pada tahun 2020.

PT INKA sebagai produsen kereta api di Indonesia menyatakan bahwa mereka dapat memproduksi kereta jenis sleeper seat  sesuai dengan permintaan PT KAI. Namun, PT KAI sebagai operator juga masih perlu mempersiapkan sarana dan prasarana seperti rel, jembatan, dan perlintasan yang lebih memadai. Hal itu yang menyebabkan masih diperlukan waktu lagi hingga kereta sleeper seat double decker ini siap dioperasikan. (ldr)

Foto: Kereta Api Bima memasuki Stasiun Malang (oleh Lugas Destra Rumpakaadi untuk The Coco Post)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: