Kereta peluru China datang ke Hong Kong: Inilah yang diharapkan para pelancong

Thecocopost.id-Republik Rakyat Cina. Hong Kong akan segera terhubung dengan China daratan dari sebelumnya, dengan bagian kota kereta api berkecepatan tinggi dijadwalkan akan dibuka pada 23 September.

Dengan biaya lebih dari $ 10,7 miliar untuk membangun, bagian Hong Kong dari Express Rail Link akan menghubungkan kota dengan jaringan kereta api berkecepatan tinggi nasional 25.000 kilometer China.

Garis 26 kilometer yang baru saja dibuka merupakan bagian dari jaringan rel berkecepatan tinggi Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong, dan dioperasikan oleh perusahaan MTR Hong Kong.

Kereta akan berangkat dari Stasiun Kowloon Barat yang mewah, yang menawarkan akses mudah ke 44 tujuan yang dilayani oleh kereta peluru terkenal China Railways.

Diperkirakan 70 (Senin sampai Kamis) untuk 82 (Jumat dan akhir pekan) kereta api akan melewati stasiun setiap hari.

Hong Kong ke Beijing dengan kereta peluru

Stasiun Kowloon Barat di Hong Kong yang baru dibangun. (ANTHONY WALLACE/AFP/AFP/Getty Images)

Perjalanan kereta peluru terpanjang dari Stasiun Kowloon Barat adalah rute Hong Kong-Beijing sembilan jam, yang harganya mulai dari RMB1.077 atau $ 157.

Sebagai perbandingan, penerbangan langsung Cathay Pacific antara Hong Kong dan ibu kota Tiongkok memakan waktu tiga jam dan biaya rata-rata $ 500 saat ini (menurut situs web Cathay Pacific). Biaya penerbangan berbiaya rendah sekitar $ 150 rata-rata.

Layanan kereta peluru Hong Kong juga termasuk tujuan wisata populer seperti Shanghai (8,25 jam), Guilin (3,5 jam) dan Kunming (7,5 jam).

Layanan yang paling sering dijalankan antara Hong Kong dan Chaoshan di Cina tenggara – perjalanan 2,5 jam – dengan lima perjalanan pulang setiap hari.

Saat ini tidak ada penerbangan langsung yang melayani dua tujuan ini, sementara dibutuhkan sekitar empat jam untuk sampai ke sana dengan mobil.

Pos pemeriksaan imigrasi bersama

Sebuah pos pemeriksaan imigrasi gabungan telah dibangun di dalam Stasiun Kowloon Barat, memungkinkan penumpang untuk menghindari pemeriksaan tambahan ketika melintasi perbatasan masuk dan keluar Hong Kong.

Namun, wisatawan masih perlu memiliki visa atau dokumen perjalanan China yang valid untuk naik kereta.

Pembukaan stasiun menandai pertama kalinya undang-undang Cina daratan telah diberi yurisdiksi di dalam wilayah Hong Kong, menimbulkan beberapa oposisi panas sebelum pembukaannya. (Meskipun merupakan bagian dari China, Hong Kong diatur di bawah kerangka hukum terpisah yang memberikan kebebasan politik dan hukum kota tidak tersedia di daratan.)

Terlepas dari kontroversi politik, Express Rail Link yang baru menawarkan cara alternatif untuk melakukan perjalanan ke kota-kota besar Cina melalui Hong Kong – dan menghindari penundaan penerbangan terkenal di Tiongkok dan perjalanan ke bandara.

Cara mendapatkan tiket kereta api berkecepatan tinggi ke China

Wisatawan dapat membersihkan imigrasi Hong Kong dan China di pos pemeriksaan gabungan di Stasiun West Kowloon. (ANTHONY WALLACE/AFP/AFP/Getty Images)

Tiket dapat dibeli 28 hari sebelumnya di konter stasiun dan mesin tiket. Tiket yang dibeli melalui telepon dan online dijual hingga 30 hari sebelumnya.

Penumpang yang berangkat dari Hong Kong, termasuk pemegang paspor asing, dapat memperoleh tiket melalui situs web online khusus.

Seperti sistem kereta api berkecepatan tinggi yang telah mapan di Tiongkok, bagian Hong Kong akan mengikuti kebijakan nama-nyata pada tiket. Ini berarti wisatawan harus menunjukkan dan memverifikasi identitas mereka saat membeli atau mengumpulkan tiket.

“Tetapi penumpang dengan nama ID yang lebih panjang yang tidak dapat didaftarkan oleh sistem online mungkin harus datang untuk membeli tiket di konter secara langsung,” kata seorang anggota staf hotline rel kepada CNN Travel.

Keterbatasan rel kecepatan tinggi

Wisatawan disarankan untuk tiba di stasiun setidaknya 45 menit sebelum waktu keberangkatan mereka untuk membersihkan keamanan dan imigrasi.

Kereta api berkecepatan tinggi China memiliki kebijakan tunjangan bagasi yang sama dengan maskapai penerbangan. Wisatawan dapat memeriksa situs web ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang batasan bagasi.

Karena jaraknya yang relatif pendek, bagian Hong Kong dari Express Rail Link memiliki kecepatan maksimum 200 km/jam, jauh lebih rendah daripada kecepatan tertinggi 300 km/jam kereta peluru China biasanya melanda.

Oleh karena itu, penumpang yang pergi ke tujuan terdekat, seperti Guangzhou dan Shenzhen, mungkin lebih baik menggunakan sistem kereta api yang ada untuk menghemat waktu/uang. (ldr)

Sumber CNN

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: