Kereta dan Gerbong, Serupa Tapi Tak Sama

Kereta dan gerbong adalah salah satu istilah yang merujuk kepada perkeretaapian. Mungkin dari beberapa pembaca sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah tersebut. Bahkan, mungkin juga banyak dari pembaca yang mengira kedua istilah itu sama saja. Namun tahukah jika sebenarnya istilah kereta dan gerbong adalah kedua hal yang berbeda? Di pos sore ini Thecocopost.id akan mencoba menjelaskan secara singkat kepada pembaca semua.

Mengutip dari Pasal 96 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, sarana perkeretaapian terdiri atas lokomotif, kereta, gerbong, dan peralatan khusus. Berdasarkan kutipan tersebut jelas disebutkan bahwa kereta dan gerbong diberi pemisah tanda (koma) yang menunjukkan bahwa kedua sarana perkeretaapian tersebut adalah berbeda.

Meskipun kereta dan gerbong sama-sama ditarik oleh lokomotif, sekali lagi penulis tekankan keduanya berbeda. Letak perbedaan dari kedua sarana perkeretaapian tersebut ada di fungsi dan penggerak dari keduanya. Gerbong adalah sarana perkeretaapian yang ditarik oleh lokomotif yang khusus digunakan untuk mengangkut “Barang” atau “Hewan”. Contoh dari gerbong adalah gerbong Babaranjang (Batubara Rangkaian Panjang). Sedangkan kereta adalah sarana perkeretaapian yang memiliki penggerak sendiri atau ditarik lokomotif yang digunakan untuk mengangkut “Orang”. Contoh dari kereta adalah kereta penumpang kelas eksekutif.

Dari penjelasan singkat penulis, sekarang pembaca pasti sudah mengetahui perbedaan keduanya. Jadi, jangan lupa ketika bepergian naik kereta api jangan bertanya ke petugas dengan menanyakan “Gerbong” tapi gunakan istilah “Kereta”. (ldr)

Sumber gambar: Aktual.web.id

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: