Kenapa Harus Sukhoi 35

Thecocopost.id-Berita tentang batalnya pembelian 11 unit jet tempur Su 35 oleh Indonesia karena tekanan AS ternyata banyak disorot oleh media luar negeri. Maka, untuk memahami keputusan Indonesia ada baiknya kita mempelajari sejarah dahulu.

Berkaca pada pembatasan senjata AS pada dekade 1990-2000 membuat militer Indonesia lumpuh. Tidak ingin terulang dengan pengalaman pahit itu, pucuk pimpinan tertinggi Indonesia saat itu Presiden Megawati Soekarnoputri membeli 16 unit jet tempur Su-27 dan 30 dari Rusia sebagai bentuk kekecewaan terhadap embargo senjata AS.

Sejak saat itu militer Indonesia melakukan diversifikasi pemasok senjata dan tidak lagi mengandalkan AS. Inilah alasan lain Indonesia untuk mempertahankan Su 35 adalah karena TNI AU membutuhkan pesawat tempur kelas berat.

Yang lebih penting lagi, AS, meskipun mengancam sanksi, tidak pernah menawarkan heavy fighter kepada Indonesia selama ini. F-15 adalah contohnya. Terlebih Su-35 sangat kompatibel dengan armada existing TNI AU, yaitu Su-27 dan Su-30.

Jadi, dengan membeli Su 35 diharapkan TNI AU tidak perlu berinvestasi lagi untuk infrastruktur pemeliharaan & sistem senjata. Selain itu, pilot dapat dengan mudah untuk melakukan konversi (perpindahan antar pesawat).

(hvm)


Helmuth von Moltke

A Preußen Feldmarschall

%d blogger menyukai ini: