Kelayakan Jalur Rel Pasuruan-Banyuwangi Diawasi

Thecocopost.id-Kota Pasuruan. Menjelang Hari Raya Lebaran, PT KAI Daop IX Jember mengawasi keamanan jalur rel kereta api Pasuruan-Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan mengingat kereta api masih menjadi moda transportasi andalan tiap Hari Raya Lebaran.

Sepanjang 261 Km jalur rel Pasuruan hingga Banyuwangi yang ditemukan kerusakan diperbaiki. Perbaikan dilakukan pada jalur rel yang memuai dan mengelas rel berlubang. Aktivitas perbaikan ini sudah terlihat di rel KA Ngopak dan Lekok, Pasuruan pada Jumat (18/5) siang. Pekerja nampak sibuk memperbaiki rel di siang hari yang terik.

Salah satu pekerja mengatakan, perbaikan ini dilakukan mulai sekitar Bangil yang masuk wilayah Daop IX Jember. Sedangkan wilayah yang masuk wilayah Daop VIII Surabaya, sudah ada penanganan sendiri. Perbaikan ini adalah upaya PT KAI Daop IX Jember untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Daop IX sengaja melakukan persiapan ini jauh-jauh hari.

Humas PT KAI Daop IX Jember, Luqman Arif mengatakan, pihaknya sudah mencatat titik-titik yang perlu diperbaiki menjelang arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Pihaknya juga sudah membuat catatan mengenai titik-titik yang perlu diperbaiki sejak beberapa waktu yang lalu.

Dari 261 km jalur rel antara Pasuruan-Banyuwangi, ada sejumlah titik yang memiliki tingkat kerusakan mulai tinggi hingga rendah. Pihak PT KAI Daop IX Jember juga sudah melakukan perawatan rutin. Harapannya, rel ini sudah dalam kondisi baik ketika Lebaran.

Humas PT KAI Daop IX Jember juga menampik pernyataan bahwa kondisi rel dalam keadaan buruk sehingga perlu diperbaiki. Menurutnya, rel sudah dalam kondisi layak namun perlu diberikan sedikit sentuhan agar tetap dalam kondisi baik. (ldr)

Foto: Kereta api Jakarta-Bandung saat melintasi jalur rel kereta api yang ambles dan bahu jalannya bergeser satu meter, di Kampung Cisuren, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Minggu (12/3/2017) (oleh regional.kompas.com)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: