KAI Daop III Prediksi Kenaikan Volume Penumpang 4,4 Persen

Foto: Kereta api (Republika/Wihdan Hidayat)

Thecocopost.id-Cirebon. PT KAI Daop III Cirebon memperkirakan terjadinya kenaikan volume penumpang sebesar 4,4 persen jika dibandingkan dengan tahun 2017. Untuk menanggulangi permasalahan ini, PT KAI Daop III Cirebon mempersiapkan tambahan KA untuk dioperasikan pada saat mudik Lebaran.

Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon mengatakan, pada Lebaran 2017, volume penumpang sekitar 135.517 orang. Pada tahun ini, volume penumpang diperkirakan mencapai 141.424 orang.

“KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari sejak 5 Juni 2018 (H-10) hingga 26 Juni 2018 (H+10),” ujar Krisbiyantoro seperti dilansir dari laman Republika.co.id.

94 perjalanan KA reguler yang melintasi Daop III Cirebon disediakan oleh PT KAI untuk melayani kebutuhan masyarakat selama masa angkutan  Lebaran. Perjalanan KA reguler ini terdiri atas KA jarak jauh dan jarak menengah, ditambah 34 perjalanan KA tambahan dan 8 perjalanan KA tambahan dari Daop III Cirebon.

Berdasarkan keterangan dari Krisbiyantoro, 8 perjalanan KA tambahan dari DAOP III Cirebon ini terdiri atas 7 perjalanan KA reguler tujuan Gambir yaitu KA Tegal Bahari, Argo Jati, dan Cirebon Ekspres, dan 1 perjalanan KA reguler tujuan Jember yaitu KA Ranggajati. Sehingga total ada 3.216 tempat duduk selama masa angkutan Lebaran 2018.

Untuk aspek sarana pada masa angkutan Lebaran 2018, PT KAI Daop III Cirebon sudah menyiapkan 16 armada lokomotif dan 77 kereta, ditambah 1 unit crane. Sedangkan untuk aspek prasarana, PT KAI sudah menyiapkan AMUS di daerah-daerah yang rawan bencana alam.

Tambahan petugas juga dikerahkan selama masa angkutan Lebaran 2018. Petugas tersebut meliputi PPJ, PJL, dan petugas posko daerah rawan. Total petugas ekstra yang disiapkan ini mencapai 329 petugas dengan rincian 52 personel PPJ, 158 personel PJL, 15 personel posko daerah rawan, dan 104 personel pengamanan eksternal.

“Untuk urusan keamanan, KAI menyiagaakn Polsuska dan Satpam, tapi akan diperkuat dari eksternal seperti TNI dan Polri,” tutup Krisbiyantoro. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: