Kadaop IV Lakukan Inspeksi Jalur Kereta Api

Foto: Kadaop IV bersama jajarannya melaksanakan pengecekan jalur kereta api di Ngrumbo-Brumbung, Rabu (8/8/2018) (TribunJateng.com)

Thecocopost.id-Semarang. Jajaran PT KAI Daop IV Semarang melaksanakan inspeksi jalur KA di wilayah Stasiun Ngrombo hingga Stasiun Brumbung. Inspeksi ini dilakukan oleh Kadaop IV Semarang, Yosita dengan kendaraan inspeksi jalur rel (Dresin).

Di jalur rel sepanjang 64 km dari Ngrombo-Gambirangan-Gundih-Kedung Jati-Brumbung terdapat 9 stasiun yang masuk wilayah Daop IV Semarang. Hal yang dilakukan dalam inspeksi kali ini adalah pemeriksaan kebersihan fasilitas layanan penumpang di stasiun, kondisi jalur rel, jembatan, keandalan sistem persinyalan, serta kesiapan jajaran personel di lapangan.

Berdasarkan keterangan Yosita, Kadaop IV Semarang pada Rabu (8/8/2018), PT KAI Daop IV mempunyai beberapa program kerja yang menjadi fokus, seperti faktor keselamatan, ketetapan waktu, peningkatan pelayanan, dan peningkatan jumlah penumpang. Harapannya dengan adanya personel yang disiplin di lapangan dan ditunjang prasarana yang andal dapat menjamin keselamatan perjalanan KA.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto juga menambahkan, ada 16 perjalanan KA yang melintasi wilayah Gundih-Brumbung setiap harinya. 16 perjalanan tersebut terdiri atas 10 KA penumpang dan 6 KA barang. Beberapa KA penumpang yang melintas, di antaranya KA Brantas (Blitar-Pasar Senen PP), KA Kalijaga (Semarang Poncol-Solo Balapan PP), dan KA Bangunkarta (Surabaya Gubeng-Gambir PP). Ke depannya, Suprapto berharap ada peningkatan layanan KA kepada penumpang yang terus membaik sehingga jumlah penumpang dapat naik setiap tahunnya.

Sebagai informasi di wilayah Daop IV Semarang, tercatat terdapat tren peningkatan jumlah penumpang. Di tahun 2016, tercatat 5.064.000 penumpang, selanjutnya pada tahun 2017 meningkat 15% menjadi 5.808.033 penumpang, dan di tahun 2018 diharapkan ada 6.031.457 penumpang. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: