KA Siliwangi Bantu Kurangi Kemacetan Lalu Lintas di Sukabumi

Thecocopost.id-SUKABUMI, INDONESIA. Penambahan perjalanan Kereta Api (KA) Siliwangi yang sebelumnya hanya dari Stasiun Sukabumi hingga Stasiun Cianjur dan kemudian diperpanjang hingga Stasiun Ciranjang membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di Sukabumi. Adanya penambahan perjalanan ini membuat beban jalan utama Sukabumi-Cianjur berkurang karena sebagian masyarakat yang menggunakan sepeda motor maupun kendaraan lainnya beralih menggunakan KA Siliwangi.

KA Siliwangi adalah KA Lokal yang membawa empat kereta kelas ekonomi AC dengan jumlah tempat duduk sebanyak 472 seat (kapasitas maksimalnya sebanyak 600 orang). Setiap harinya ada tiga jadwal keberangkatan dari Sukabumi ke Cirangjang, yakni untuk pagi pukul 05.45 WIB, siang pukul 10.55 WIB, dan sore pada pukul 16.15 WIB.

Harga tiket KA ini masih menggunakan tarif public service obligation (PSO), yakni Rp3.000,00. Dengan harga tiket yang murah ditambah penumpang yang nyaman karena gerbong menunggunakan AC, diharapkan penggunakan kendaraan bermotor pribadi akan beralih ke KA.

Jarak tempuh Sukabumi-Cianjur 50,905 kilometer yang ditempuh selama 1,5 jam perjalanan. Sementara rute baru Cianjur-Ciranjang yang merupakan jalur lama yang direhabilitasi lagi memiliki panjang 12,304 kilometer dengan waktu tempuh hampir setengah jam. Total, butuh waktu dua jam perjalanan untuk menempuh rute Sukabumi-Ciranjang.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: