KA Kuala Stabas Siap Layani Arus Mudik

Foto: Kereta api Kuala Stabas (Dok KAI Divre IV Tanjung Karang)

Thecocopost.id-Lampung. PT KAI Divre IV Tanjungkarang meluncurkan KA yang melayani rute Tanjung Karang-Baturaja yang diberi nama KA Kuala Stabas.

Franoto Wibowo, Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang mengatakan, pengoperasian KA Kuala Stabas dilakukan mulai hari Selasa (5/6). KA Kuala Stabas memiliki formasi 8 kereta.

“KA ini memiliki 640 tempat duduk dengan 8 kereta,” kata Franoto seperti dikutip dari laman TribunLampung.co.id.

Kehadiran KA Kuala Stabas ini digunakan untuk melayani arus mudik Lebaran 2018. KA ini akan dioperasikan secara reguler untuk mendukung mudik Lebaran 2018.

“Mudik tahun ini, penumpang Tanjung Karang-Baturaja cukup banyak. KA Kuala Stabas ini diharapkan bisa melayani pemudik karena akan dioperasikan setiap hari,” terang Franoto, dikutip dari laman TribunLampung.co.id.

KAI Beri Diskon 25 Persen

Penumpang KA Kuala Stabas mendapatkan tarif diskon dari PT KAI.

PT KAI Divre IV Tanjungkarang memberi diskon sebesar 25 persen untuk calon penumpang yang melakukan perjalanan pada 5-11 Juni 2918.

“Kita beri diskon pada calon penumpang yang ingin menggunakan KA Kuala Stabas Premium,” kata Franoto Wibowo, Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang pada Rabu (6/6), dikutip dari laman Bisnis.com.

Harga tiket normal KA Kuala Stabas adaalah Rp 75 ribu, maka dengan diskon 25 persen tiket KA ini menjadi Rp 56,25 ribu per orang.

Masa pemberian diskon masih bisa diperpanjang apabila permintaan masyarakat untuk naik KA Kuala Stabas meningkat.

“Kita fleksibel, jika permintaan masih tinggi, masa diskon juga akan diperpanjang,” kata Franoto dikutip dari laman Bisnis.com.

Diskon yang ditawarkan PT KAI ini diberikan bersama dengan peluncuran pertama KA Kuala Stabas Premium di Lampung.

“Masyarakat harus bangga karena ada KA tambahan lagi di Lampung yang bisa meningkatkan daya angkut penumpang yang butuh transportasi KA,” jelas Franoto dikutip dari laman Bisnis.com.

Harga tiket KA Kuala Stabas sebesar Rp 75 ribu merupakan ketentuan pemerintah pusat. Sedangkan untuk tujuan Tanjungkarang-Kotabumi hanya sebesar Rp 60 ribu per orang.

“Harga sepenuhnya ditentukan pemerintah pusat karena daerah belum berhak menentukan harga tiket. Tapi penentuan itu adalah hasil musyawarah bersama Kadivre IV Tanjungkarang dan pemerintah pusat dengan melihat kondisi daerah,” kata Franoto dikutip dari laman Bisnis.com.

KA Kuala Stabas Premium adalah salah 1 dari 4 KA yang beroperasi di Lampung yaitu KA Rajabasa, Sriwijaya Limex, KRD Seminung, dan KRD Wayumpu.

Kapasitas yang ditawarkan KA Kuala Stabas adalah 150 orang yang diharapkan bisa menambah daya angkut pada saat musim Lebaran.

KA Kuala Stabas Premium hanya berhenti di Rejosari, Kotabum, Martapura, dan tujuan akhir Baturaja.

“Semoga tidak ada penumpukan di stasiun dengan dioperasikannya KA ini,” kata Franoto seperti dikutip dari laman Bisnis.com.

Harapannya, masyarakat dan penumpang bisa menjaga dan memelihara fasilitas yang disediakan PT KAI di KA Kuala Stabas Premium agar tidak merugikan calon penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan KA ini. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: