KA Kalijaga Berhenti Beroperasi Per 1 Desember 2019

Timlo.net

Thecocopost.id-SOLO, INDONESIA. KA Kalijaga, yang melayani relasi Solo Balapan-Semarang Poncol PP, resmi dihentikan pengoperasiannya per 1 Desember 2019. Pemberhentian operasi KA Kalijaga ini dibenarkan oleh Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budianto.

Pemberhentian operasional KA Kalijaga sebenarnya sudah bisa dilihat pada perubahan Gapeka, yang diumumkan sejak awal bulan November 2019. Dalam Gapeka 2019 terbaru, nama KA Kalijaga sudah tidak dimasukkan dalam daftar.

Terkait penghentian KA Kalijaga, pihak PT KAI Daop VI Yogyakarta telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Meski sudah tidak beroperasi, KA Kalijaga telah digantikan dengan KA Joglosemarkerto, yang melayani relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto.

Berbeda dengan KA Kalijaga yang mendapatkan subsidi pemerintah (PSO), KA Joglosemarkerto tidak mendapatkan PSO. Ini menyebabkan, tarif KA Joglosemarkerto menjadi lebih mahal dibandingkan KA Kalijaga.

Tarif yang ditetapkan untuk KA Joglosemarkerto di mulai dari Rp50 ribu per penumpang. Sementara, KA Kalijaga tarifnya hanya Rp10 ribu per penumpang.

KA Kalijaga adalah salah satu KA yang dioperasikan oleh PT KAI Daop VI Yogyakarta. KA ini mulai beroperasi pada 15 Februari 2014 dengan membawa rangkaian kereta ekonomi berkapasitas 106 penumpang per kereta.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: