KA Bandara Layani Perjalanan Penumpang dari Manggarai

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Sejak Sabtu (5/10/2019), Kereta Api Bandar Udara (KA Bandara) mulai melayani rute Stasiun Manggarai-Bandara Soekarno Hatta. Kereta ini memulai perjalanannya sejak pukul 05.10 WIB setiap harinya.

Berdasarkan penjelasan Wakil Kepala Stasiun Manggarai Nurcholis, perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai adalah setiap 30 menit dengan total 34 perjalanan. Setiap harinya, kereta ini akan melayani penumpang sejak pukul 05.10-21.40 WIB.

Dengan adanya KA Bandara ini, waktu tempuh dari Manggarai-Bandara Soekarno Hatta menjadi lebih singkat. Waktu tempuh dengan KA Bandara hanya memakan waktu 47-57 menit saja. Selama dalam perjalanannya, KA Bandara akan berhenti di beberapa stasiun seperti Stasiun Sudirman Baru, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper.

Sebelumnya, KA Bandara dari Stasiun Manggarai memiliki total 35 perjalanan. Namun, satu perjalanan dengan nomor KP/7103C-KP/7104C yang diberangkatkan pada 04.40 WIB dibatalkan lantaran okupansinya yang sedikit.

Saat ini, tarif KA Bandara ini sedang diberlakukan promo. Penumpang cukup membayar Rp40.000,00 untuk sekali jalan dari Manggarai-Soekarno Hatta. Promo akan berakhir pada akhir bulan ini. Setelah promo berakhir, tarif yang diberlakukan adalah sebesar Rp70.000,00.

Adanya tarif promo tersebut direspon positif oleh masyarakat dari wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Sejumlah masyarakat tersebut tampak memanfaatkan adanya tarif promo yang diberikan.

Salah seorang penumpang berpendapat bahwa tarif KA Bandara lebih murah dibandingkan dengan menggunakan bus untuk menuju ke Bandara Soekarno Hatta. Tidak hanya itu, dirinya juga mengatakan tidak perlu khawatir terjebak macet ketika menggunakan moda transportasi KA Bandara ini.

Sementara itu, seorang penumpang yang lain mengatakan dirinya tertarik untuk mencoba KA Bandara karena adanya tarif promo. Dia juga mengatakan KA Bandara ini memudahkannya untuk lebih cepat tiba di Bekasi.

Meskipun diprioritaskan untuk penumpang yang akan menuju ke bandara, layanan KA Bandara juga terbuka bagi penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line yang akan menuju ke Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper. Namun, sebelum memasuki area pemberangkatan KA Bandara yang terletak di peron 9 Stasiun Manggarai, pengguna KRL harus melakukan tap out terlebih dahulu dari perjalanan KRLnya.

Pada hari Sabtu (5/10/2019) lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian KA Bandara dari Stasiun Manggarai. Layanan KA Bandara ini dapat dimanfaatkan juga oleh pengguna KRL. Harapannya, layanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai dapat menjadi alternatif untuk menuju Bandara Soekarno Hatta dan meningkatkan jumlah penggunanya.

Hingga Senin (7/10/2019), rata-rata jumlah penumpang KA Bandara dari Stasiun Manggarai-Bandara Soekarno Hatta sekitar 500 orang. Berdasarkan catatan PT Railink, operator KA Bandara, di hari pertama operasional, penumpang KA Bandara mencapai 527 orang.

Jumlah tersebut meningkat pada hari Minggu (6/7/2019) yakni sebanyak 591 orang. Kemudian, di hari Senin (7/7/2019), jumlah tersebut menurun menjadi 448 orang.

Sebelumnya, KA Bandara hanya melayani penumpang di Stasiun BNI City, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper saja. Kini, KA Bandara telah diperpanjang hingga Stasiun Manggarai yang merupakan stasiun yang melayani kereta dari segala penjuru, seperti dari arah Bekasi, Cikarang, Depok, dan Bogor.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: