Jalur KA Tertua Sumbar Akan Direaktivasi

Thecocopost.id-PADANG, INDONESIA. Jalur kereta api (KA) tertua yang berada di Sumatera Barat (Sumbar) mulai Stasiun Pulau Air hingga Simpang Haru yang mati sejak 1983 akan direaktivasi pada tahun 2019 ini.

Pembersihan rel di antara kedua stasiun tersebut telah dilakukan sejak pertengahan Juli 2019 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Beberapa material bantalan rel juga sudah mulai ditumpuk di beberapa titik sepanjang jalur yang akan direaktivasi tersebut.

Agar bisa mengatifkan kembali jalur tersebut, sekitar 238 bangunan yang berada di sepanjang rel yang terdiri atas 151 bangunan kontrak dan 87 bangunan tanpa kontrak dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dibongkar.

Jalur KA Pulau Air-Simpang Haru ini merupakan jalur tertua di Sumbar yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada 6 Juli 1887.

Jalur KA ini kemudian diteruskan hingga ke Bukittinggi dan mulai dioperasikan pada November 1891 untuk mengangkut hasil panen kopi yang akan diekspor ke Eropa.

Namun, saat ini, reaktivasi jalur KA ini menurut Catur Wicaksono, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbar, tidak lagi digunakan sebagai pengangkut komoditas tetapi sebagai moda transportasi alternatif bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, sebagai kepentingan pariwisata, jalur ini nantinya akan dilanjutkan hingga Muaro Padang.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: