Jalur KA Layang di Medan Tidak Kunjung Beroperasi, Ada Apa?

Thecocopost.id-MEDAN, INDONESIA. Jalur kereta api (KA) layang yang dibangun antara Stasiun Medan-Mandala masih belum beroperasi. Sebelumnya, target pengoperasian jalur ini seharusnya selesai pada 2018 lalu.

Pembangunan yang molor ini lantas mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar. Pasalnya, masyarakat berharap dengan adanya jalur KA layang ini, kemacetan bisa terurai.

Iskandar, Kepala Seksi Lalu Lintas Sarana dan Keselamatan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, menanggapi komentar dari masyarakat. Menurutnya, pembangunan jalur KA layang progresnya sudah hampir selesai dan jalurnya sudah 99% rampung.

Tidak segera dioperasikannya jalur layang itu dikarenakan masih menunggu hasil pleno dari Komisi Keselamatan Jembatan Terowongan dan Jalan (KKJTJ) untuk mengeluarkan sertifikatnya. Pihak KKJTJ sendiri telah melakukan uji coba pada 21-26 Mei 2019 lalu.

Secara garis besar, hasil ujicoba KKJTJ menunjukkan hasil yang baik. Hanya saja, masih perlu menunggu hasil pleno yang akan dilakukan pada 2 Agustus 2019 mendatang.

Rencananya, jalur KA layang tersebut akan dioperasikan pada 17 Agustus 2019 mendatang. Peresmian akan dilakukan oleh Menteri atau Direktorat Jenderal (Dirjen) secara sederhana.

Ke depannya, jika jalur KA layang sudah dioperasikan, Iskandar mengatakan pihaknya akan memodernisasi Stasiun Medan seperti halnya Stasiun Gambir di Jakarta. Stasiun Medan akan dibangun di atas serupa Stasiun Gambir.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: