Jalur Ganda Babadan-Geneng Resmi Dioperasikan

Thecocopost.id-MADIUN, INDONESIA. Jalur Ganda Madiun-Kedung Banteng (JGMK) segmen Babadan-Geneng resmi dioperasikan sejak Rabu (16/10/2019). Pengoperasian dilakukan usai dilakukan switch over pada segmen tersebut.

Proses pengoperasian segmen ini ditandai dengan pelaksanaan switch over yang dimulai sejak pukul 05.30 WIB dan berakhir pukul 08.35 WIB. Kereta api (KA) yang berkesempatan melintasi segmen baru ini adalah KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng.

Jalur ini merupakan bagian proyek strategis nasional, sehingga pengoperasiannya ditunggu karena memberi dampak positif bagi masyarakat serta ekonomi negara. Pembangunan jalur ganda menjadi upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas transportasi di Indonesia.

Sebelum resmi dioperasikan, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI), telah melakukan uji beban jalur ini dari Babadan-Geneng sebanyak dua kali.

Pada uji beban yang pertama, masih ada beberapa temuan yang harus diperbaiki. Sementara, pada uji beban kedua yang digelar Senin (14/10/2019), hasilnya sudah berjalan dengan baik dan hanya ditemukan masalah minor. Dari temuan minor tersebut, proses switch over kemudian diundur pelaksanaannya pada hari Rabu.

(ANTARA/ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: