Jalin Kerukunan Antar Umat, Inilah Beberapa Agenda Buka Puasa Bersama GKJW

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

GKJW Jemaat Banyuwangi. (Lugas Destra R)

Thecocopost.id-BANYUWANGI, INDONESIA. Selama bulan suci Ramadan yang jatuh pada tanggal 6 Mei hingga 4 Juni 2019 kemarin, Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) menggelar beberapa kegiatan sebagai bentuk jalinan kerukunan antar umat beragama.

Berdasarkan pantauan The Coco Post Indonesia di media sosial resmi masing-masing jemaat GKJW, ada berbagai kegiatan yang dilakukan baik yang dilaksanakan oleh Majelis Jemaat maupun Komisi Pembinaan Pemuda dan Mahasiswa (KPPM) Jemaat, seperti pembagian takjil gratis di jalan sekitar gereja maupun buka puasa bersama.

Melansir situs resmi GKJW, kurang lebih ada tiga kegiatan buka bersama dan pembagian takjil yang terdokumentasikan dalam bentuk tulisan yang ditulis oleh kontributor Pdt Bhram Kharismatus (Pendeta GKJW Jemaat Pandaan, Kabupaten Pasuruan) dan Lugas Destra Rumpakaadi (Journalist on Duty The Coco Post Indonesia).

Berikut adalah beberapa liputan kegiatannya.

Kegiatan pertama diawali oleh GKJW Jemaat Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu (18/5/2019) lalu.

Warga GKJW Jemaat Pandaan mengadakan pembagian takjil dan buka bersama para santri Pondok Pesantren Ngalah, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Mengutip situs resmi GKJW, kegiatan tersebut merupakan kali keempat bagi GKJW Pandaan untuk berbagi kasih dan mempererat relasi persaudaraan dengan saudara-saudara Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Selain dari pihak Pondok Pesantren, adapula tamu undangan dari berbagai organisasi pemuda seperti PMII, GMNI, MATAN, dan Gusdurian, serta perwakilan Kelenteng Tjoe Tik Kiong.

Dalam kegiatan ini, sekitar 600 takjil dibagikan di empat lokasi di Pandaan seperti perempatan Pasar Pandaan, bundaran Masjid Cheng Ho, lingkungan kampung sekitar gereja, dan di depan GKJW Pandaan.

Setelah pembagian takjil, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Kegiatan pembagian takjil dan buka bersama ini turut mendapatkan apresiasi dari Yudi Dharma Santoso, perwakilan Kelenteng Tjoe Tik Kiong.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dalam membawa kerukunan di wilayah Pasuruan.

Yudi yang juga anggota FKUB Pasuruan dan FKUB Jawa Timur mengimbau, hal ini dapat terus dipertahankan.

Kegiatan kedua dilaksanakan oleh Komunitas Berbasis Mahasiswa (KBM) Surabaya.

Komunitas yang digagas oleh Dewan Pembinaan Pemuda dan Mahasiswa (DPPM) GKJW untuk mewadahi warga GKJW yang tengah melaksanakan studi maupun bekerja di Kota Surabaya ini mengadakan kegiatan berbagi kasih dan buka bersama pada Minggu (26/5/2019).

Kegiatan yang diberi nama “KBM Berkah (Berbagi Kasih)” ini diadakan di Panti Asuhan Yayasan Al-Fatimah, Gunung Anyar, Surabaya.

Acara tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian KBM Surabaya terhadap anak-anak Panti Asuhan, sekalugys mengajak anggota KBM untuk dapat membaur dengan sesamanya yang berbeda keyakinan.

Sebanyak 30 orang dari KBM Surabaya hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, diawali dengan sambutan, dan dilanjutkan sesi bermain bersama anak-anak Panti Asuhan, sharing, dan buka bersama sebagai kegiatan inti.

Penanggung jawab penggalangan dana Buka Bersama KBM Surabaya, Gradian Wahyu Utomo mengatakan, acara ini sebelumnya direncakan hanya dalam bentuk pembagian takjil di jalan.

Namun, dikarenakan kondisi yang kurang memungkinkan, akhirnya KBM memutuskan mengadakan Buka Bersama di Panti Asuhan.

Gradian berharap, acara serupa bisa dilakukan agar teman-teman KBM bisa lebih membaur tak hanya di bulan Ramadan, namun juga pada hari-hari biasa.

Kegiatan ketiga digelar di GKJW Jemaat Wates, Mojokerto pada Kamis (30/5/2019).

Acara buka bersama diadakan oleh mantan ibu negara, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid bersama lembaga sosial Puan Amal Hayati dengan tema “Dengan Berpuasa Kita Padamkan Kobaran Api Kebencian dan Hoaks”.

Sinta Nuriyah mengingatkan keberagaman suku dan agama di Indonesia harus disyukuri dalam acara tersebut.

Dalam acara tersebut, hadir pula beberapa kelompok masyarakat seperti Gusdurian, Ansor, LPNU, dan Lesbumi.

Selain itu ada juga Komunitas Persada, gereja-gereja di Mojokerto (GKI< GKJW, Gereja Katolik, Gereja Ortodoks), perwakilan Kelenteng dan Vihara, DKKM, dan Iwamor Mojokerto.

Sekitar 800 nasi kotak dibagikan dalam acara buka bersama tersebut, serta adapula pemeriksaan gratis untuk warga sekitar GKJW Jemaat Wates.

Menutup acara ini, usai Salat Tarawih dilakukan parade hiburan.

Tarian Barongsai dan Kirun turut memeriahkan acara ini

Selain ketiga kegiatan di atas, adapula kegiatan yang dilakukan oleh Gusdurian Muda (Garuda) Malang bersama KBM Malang Raya yang dilaksanakan di GKJW Jemaat Sukun, Kota Malang pada Selasa (14/5/2019).

Dalam acara tersebut, Garuda Malang mengajak peserta untuk dapat melestarikan lingkungan dan bersahabat dengan sampah.

Adapulla kegiatan buka bersama sekaligus doa bagi bangsa dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada Sabtu (1/6/2019) di halaman GKJW Jemaat Banyuwangi.

Liputan selengkapnya dapat dilihat di sini dan di sini.

Itulah beberapa kegiatan pembagian takjil dan buka bersama, serta kegiatan lain yang dilakukan oleh GKJW selama bulan Ramadan.

Anda warga GKJW? Punya kegiatan yang unik? Ingin dibantu publikasinya? Segera hubungi kami melalui surel thecocopost.id@gmail.com, halaman facebook The Coco Post Indonesia, atau Instagram The Coco Post Indonesia sebagai partner media kalian.

(ads/ldr)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Lugas Destra Rumpakaadi

Hanya seorang mahasiswa dan penulis lepas. Hobi baca, foto, jalan-jalan random demi kalian semua yang kangen tulisanku.

Tinggalkan Balasan