Jagung Pelangi

MALANG (INDONESIA), Thecocopost.id- Halo sahabat pembaca yang budiman. Umumnya kita mengenal jagung memiliki pipil berwarna kuning. Tapi tahukah kalian bila di Cianjur, Jawa Barat terdapat jagung dengan pipil warna-warni?

Adalah Luki Lukmanul Hakim, tokoh petani yang berhasil membudidayakan jagung unik tersebut. Awalnya, ia memang sudah menggeluti bidang hortikultura sejak tahun 2000. Namun baru 2 tahun yang lalu ia mulai menanam jagung pelangi di lahan seluas 3 hektar yang disewanya.

Jagung pelangi ini dikenal dalam dunia pertanian dengan nama gem corn rainbow. Yang menarik dari jagung pelangi milik Pak Luki ini adalah ia berhasil mengembangkan varietas ini hingga 12 belas warna.

Keunggulan dari jagung pelangi adalah kandungannya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya, bulir berwarna hitam baik buat penderita diabetes.

Dari segi teknik budidaya, jagung yang ditanam oleh Pak Luki bisa dipanen sekali dalam sebulan. Rentang waktu itu jauh lebih unggul dibanding jagung normal yang memakan waktu hingga 120 hari per siklus panen.

Bahagianya lagi harga jagung pelangi juga relatif tinggi, yakni 9 ribu per kilogram. Waaah, sudah panennya cepat harganya mahal pula.

Terlepas dari itu semua, yang wajib untuk diikuti dari pengalaman bertani Pak Luki adalah cara budidayanya. Ia sangat memperhatikan aspek ekologi dan kearifan lokal di sekitar kebun.

Alih-alih menggunakan pupuk kimia dan pestisida, Pak Luki menggunakan pupuk organik dan menerapkan IPM (Intergrated Pest Management) dengan menanam refugia di samping kanan-kiri lahannya.

Bila sahabat kesengsem dengan cerita sukses Pak Luki Lukmanulhakim, kalian bisa langsung mengunjunginya di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Jangan hanya tergiur dengan kesuksesan yang sarat akan materi ya sahabat pembaca. Belajarlah dengan sungguh-sungguh.

(fi)


Helmuth von Moltke

A Preu├čen Feldmarschall

%d blogger menyukai ini: