Jadwal Commuter Line Terganggu, Dampak dari Operasional KA Lebaran

Foto: DIREKTUR Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahadrjo, melepas peserta mudik gratis menggunakan mode Kereta Api (KA) di St Pasar Senen Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018). (m16/Anggie Lianda)

Thecocopost.id-Jakarta. PT KAI mengoperasikan KA Lebaran selama masa angkut Lebaran 2018. Pengoperasian KA Lebaran ini diakui Dirut PT KCI, Wiwik Widayanti, akan mempengaruhi perjalanan Commuter Line.

Keterlambatan keberangkatan diyakini Wiwik akan terjadi pada pagi dan malam hari.

Pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan PT KAI Daop I Jakarta. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan yang terjadi di antara KA jarak menengah dan jauh dengan KA Commuter Line.

“Kita koordinasikan dengan Daop I agar tidak ada keterlambatan KRL yang tinggi. Keterlambatan ini biasanya saat ada KA datang di pagi dan malam. Untuk malam hari masih bisa diatasi,” kata Wiwik kepada para wartawan saat jumpa pers di kantor PT KCI pada Kamis (7/6), dikutip dari laman Wartakotalive.com.

Persinggungan secara teknis antara operasional PT KCI dengan PT KAI sudah dipetakan.

Apabila ada KA yang tersendat di Stasiun Manggarai, maka perjalanan Commuter Line yang turut bermuara, seperti KRL Lintas Bogor atau Lintas Bekasi akan terpengaruh.

Untuk mengatasinya, PT KCI menambah jumlah petugas di stasiun yang berpotensi terjadi kepadatan.

“Di sisi operasional, sudah dilakukan pengaturan agar tidak terjadi saling tabrak. Tapi jika ada yang terlambat biasanya akan terpengaruh,” ujar Wiwik, dikutip dari laman Wartakotalive.com. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: