Indonesia Terancam Batal Akuisisi Su-35

Thecocopost.id-Kabar pembelian Su-35, varian pesawat tempur canggih generasi 4,5 buatan negeri Rusia telah memasuki babak baru. Bila sebelumnya (sejak 2017) Indonesia dikabarkan akan mengakuisisi 11 unit, kini santer diberitakan rencana tersebut terancam batal.

Lho, ada apakah gerangan? Menurut beberapa sumber yang dihimpun, rencana itu batal karena karena Amerika Serikat (AS) mengancam akan memberikan sanksi apabila Indonesia tetap melanjutkan rencana tersebut.

Caranya lewat CAAT alias Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act karena membeli perlengkapan militer dari Rusia senilai US$ 1,1 miliar. Pertimbangan ini direspon serius oleh beberapa official Indonesia hingga menyimpulkan bila tetep kekeuh membeli bakal mengancam hubungan dagang RI dengan negeri koboi tersebut.

Tak ayal, Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengecam langkah AS, itu. Ia menyebutnya sebagai praktik yang melanggar aturan dan norma bisnis yang transparan dan sah. Menurutnya, “Bukan rahasia lagi AS memberikan tekanan kepada negara-negara yang berniat membeli peralatan pertahanan dari Rusia.

Ia menambahkan bahwa sanksi CAATSA ini tujuannya jelas. Yaitu, agar negara-negara tersebut beralih ke Washington”. Lantas bagaimanakah nasib pesawat tempur kita kedepan? Saya pribadi berharap, kita kekeuh ke Rusia sesuai dengan komitmen di awal.

Ingat, kebijakan pertahanan negara tidak boleh diintervensi oleh negara manapun. Ini sudah bicara soal kedaulatan & harga diri.

(hvm)


Helmuth von Moltke

A Preußen Feldmarschall

%d blogger menyukai ini: