Harga Tiket MRT Jakarta Tunggu Putusan Pemprov

Ilustrasi kereta api. (The Coco Post/Lugas Destra R)

Thecocopost.id-JAKARTA. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI diperkirakan segera dioperasikan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan ke depan. Namun, hingga kini belum ada kepastian tentang besaran tarif yang dibebankan kepada penumpang.

Pihak PT MRT Jakarta mengusulkan besaran tarif sebesar Rp8.500,00 per 10 km. Namun demikian, besaran tarif tersebut masih menunggu persetujuan Pemprov DKI Jakarta.

Sejauh ini, Pemprov DKI tengah melakukan pematangan pembahasan harga tiket melalui pembicaraan yang intensif. Namun, besaran subsidinya pun juga masih belum diketahui secara pasti.

Sebagai informasi, rute MRT fase I ini memiliki panjang 15,7 km. Sehingga, apabila mengacu pada asumsi usulan PT MRT Jakarta, harga tiket sebelum subsidi bisa mencapai RP13.345,00 per penumpang. Namun, harapannya harga tiket ini tidak lebih dari Rp15.000,00 per penumpang.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian Pemprov DKI tengah menghitung skema tarif sesuai rumusan di tahun 2014. Dalam perhitungan tersebut, Pemprov DKI perlu mengeluarkan Rp 365 miliar per tahun jika tiket dijual pada harga Rp8.500,00 per penumpang. Idealnya, pemberian subsidi diberikan sebesar 60% dari harga tiket normal. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: