Diuji Coba Senin ini, Inilah Fitur-Fitur KA Sleeper Milik PT KAI

Foto: Kereta Api Sleeper produksi PT Industri Kereta Api (INKA) telah siap dikirim ke Surabaya dan lanjut ke Gambir Jakarta Pusat untuk diuji coba pada 11 hingga 25 Juni mendatang. (Instagram/about.indonesia.id)

Thecocopost.id-Jakarta. PT INKA sedang memproduksi beberapa KA Sleeper yang dipesan oleh PT KAI. Produk buatan PT INKA ini sudah selesai 4 unit dan akan diuji coba pada 11-25 Juni 2018.

Dr Agus Windarto, desainer KA Sleeper ini mengatakan, fasilitas KA Sleeper sekelas bintang lima.

“Banyak fasilitasnya, sekelas hotel bintang lima, dan pesawat first class,” ujar Agus kepada wartawan Warta Kota di PT INKA, Jumat (8/6).

KA Sleeper sementara ini baru diproduksi sebanyak 4 unit dengan masing-masing kereta berkapasitas 18 kursi dengan fasilitas lengkap.

Bagi yang penasaran seperti apa fasilitas yang disediakan oleh KA Sleeper ini, Thecocopost.id merangkum fasilitas yang ada di dalamnya adalah sebagai berikut.

Kursi Krem yang Dapat Dimiringkan

Kursi pada KA Sleeper memiliki warna krem. Selain itu, keistimewaannya dibanding kelas lainnya adalah kursi KA ini bisa dimiringkan hingga 170 derajat dengan sanggahan kaki yang nyaman juga dilengkapi lampu baca dan meja yang bisa dilipat kembali ke samping kursi jika tidak diperlukan.

Stop Kontak, USB, dan Penyetel Kursi

“Tidak hanya tidur, penumpang bisa bekerja karena disediakan meja, charging, dan wifi,” kata Agus, dikutip dari laman TribunKaltim.co.

Di dalam kereta ini ada 1 stop kontak dan 1 USB di samping kanan kursi. Selain itu, ada juga tombol penyetel kursi agar penumpang dapat memilih posisi duduk yang nyaman dan ada juga tombol penyetel layar untuk menonton atau mendengarkan musik.

Lemari Kecil

Tidak seperti kelas kereta lainnya, KA Sleeper ini dilengkapi kotak lemari kecul untuk menyimpan barang berharga apabila akan ditinggal ke toilet. Kotak kecil ini dilengkapi kunci dan stop kontak USB agar penumpang dapat mengisi daya ponsel sambil menyimpannya di dalam kotak tersebut.

“Ada boks di sisi kanan untuk simpan hp dan bisa dikunci, aman jika mau ditinggal ke toilet,” kata Agus, dikutip dari TribunKaltim.co.

Tempat Penyimpanan dan Gantungan

Di bagian depan kursi ada tempat penyimpanan sepatu dan gantungan yang dapat digunakan untuk menyimpan jaket

Nyaman

Kasubdit Industri Energi dan Transportasi Kemristekdikti, Wiwik Yuliani mengaku terpukau dengan konsep KA Sleeper ini.

“Enak, nyaman. Cocok untuk perjalanan jauh, jadi tidak pegal saat tiba di tujuan,” ucapnya saat melakukan kunjungan kerja mengintip KA Sleeper, dikutip dari TribunKaltim.co.

Kekaguman Wiwik juga dikarenakan desain dan produksi KA tersebut asli dari dalam negeri dan harus diapresiasi.

“Kagum, semua lengkap, nyaman sekali, sudah pasti harus diapresiasi dan dijaga dengan baik,” ucap Wiwik, dikutip dari TribunKaltim.co.

Menurut rencana, KA Sleeper akan dihargai tiketnya sebesar Rp 900 ribu atau lebih dengan rute Gambir-Surabaya Pasat Turi (disambung dengan KA Argo Bromo Anggrek) dan Gambir-Malang (disambung dengan KA Gajayana). (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: