Dirjen Perkeretaapian Positif COVID-19

CC 201 04 06 YK (Instagram/Ikhwanndaru rahma)

Thecocopost.id-Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Zulfikri dikabarkan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) pada Selasa (24 Maret 2020) kemarin. Informasi tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Perhubungan (Menhub) Bidang Komunikasi Adita Irawati dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, Dirjen Perkeretaapian beserta istrinya melakukan swab test pada 18 Maret 2020 lalu. Hasil swab test tersebut kemudian diberitahukan pada tanggal 24 Maret 2020. Berdasarkan hasil swab test, Dirjen Perkeretaapian dinyatakan positif COVID-19 sementara istrinya negatif.

Menurut informasi yang diterima The Coco Post Indonesia, Dirjen Perkeretaapian memang sempat dirawat inap di Eka Hospital-BSD pada 9-13 Maret 2020. Zulfikri, saat itu, terindikasi mengalami batuk kecil (pneumonia). Meski demikian, Zulfikri tidak menunjukkan gejala COVID-19 seperti pada umumnya.

Sejak dilakukannya test swab, Dirjen Perkeretaapian berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP). Selama masa itu, dia sudah melakukan isolasi diri di rumah, mencegah kontak dengan orang lain, dan mengenakan masker.

Saat ini, Zulfikri diminta untuk mengisolasi diri di kamar dan menunggu arahan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 yang akan melakukan test swab kembali. Hasil test swab akan digunakan untuk melihat perkembangan dari hasil tes sebelumnya.

Zulfikri juga menyampaikan permohonan maaf kepada orang-orang yang pernah berkontak dengannya dan meminta untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Terutama, bagi yang mengalami gejala dan riwayat kesehatan yang kurang baik untuk memutus rantai penularan.

Dirjen Perkeretaapian bukan pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pertama yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi juga dinyatakan terinfeksi oleh virus tersebut.

(ldr)

#COCOReader, mari bersama-sama kita mendoakan Menteri Perhubungan dan Direktur Jenderal Perkeretaapian yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh dari COVID-19. Semoga kondisi keduanya lekas membaik dan dapat melanjutkan tugas kembali.


Lugas Rumpakaadi

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: