Desain Kereta MST Jakarta-Surabaya Tidak Gunakan Lokomotif

Thecocopost.id-Kota Madiun. Kereta api Medium Speed Train (MST) yang dibuat oleh PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) tidak menggunakan lokomotif. Kereta api yang diperkirakan berkecepatan 160 km/jam tersebut nantinya akan memiliki dua penggerak yang disatukan dengan kereta. Kereta MST ini adalah salah satu pesanan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI).

Kereta MST ini memiliki desain yang menyerupai Kereta Rel Diesel (KRD) atau Kereta Rel Listrik (KRL) yang tidak menggunakan lokomotif. Selain itu, kabin masinis juga akan disediakan di kedua ujung sisi depan dan sisi belakang kereta, sehingga masinis tidak perlu repot-repot melangsir lokomotif apabila akan menjalankan kereta ke arah yang berbeda.

Bentuk luar dari kereta api ini akan dibuat aerodinamis agar dapat mencapai target kecepatan yang diinginkan. Desain bagian bodi ini terinspirasi dari pesawat terbang. Namun, karena kereta api ini tidak akan melaju secepat pesawat, desain aerodinamisnya akan dibuat mancung.

Mengenai waktu penyelesaian kereta api ini, PT INKA masih menunggu kepastian dari PT KAI selaku pemesan. Namun, PT INKA sendiri sudah menyelesaikan desain untuk kereta MST ini. Selain itu, untuk suku cadang dan kesiapan lain dari PT INKA dalam pembuatan kereta semi cepat ini sudah dipersiapkan dengan baik apabila nantinya PT KAI sudah memberikan konfirmasi untuk memulai pembuatan kereta api ini. (ldr)

Foto: Shinkansen, Kereta Api Cepat dari Jepang (oleh Tribunnews.com)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: