DAOP VIII Operasikan Rangkaian Baru

Thecocopost.id-Surabaya. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) Daerah Operasional (Daop) VIII Surabaya mulai mengoperasikan rangkaian kereta api baru. Rangkaian kereta api yang dibuat oleh PT Industri Kereta APi (PT INKA) Madiun itu akan mulai dioperasikan menjelang mudik Lebaran 2018. Pengoperasian rangkaian ini akan dipergunakan oleh Kereta Api Turangga dengan relasi Surabaya Gubeng-Bandung maupun sebaliknya yang melalui Solo dan Yogyakarta.

Rangkaian kereta api baru ini diklaim lebih nyaman daripada pendahulunya diluncurkan pada Selasa (17/4) pukul 16.30 WIB. Peluncuran rangkaian ini bersamaan dengan jadwal keberangkatan KA Turangga yang bertarif Rp485.000,00.

KA Turangga memulai perjalanan dari Stasiun Surabaya Gubeng dan akan berhenti di Stasiun Madiun, Solo, Sukoharjo, dan langsung Bandung, tiba pada pukul 05.05 WIB. Sebaliknya, KA Turangga (kembaran KA Turangga yang diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Gubeng) yang berangkat dari Stasiun Bandung memulai perjalanan pada pukul 19.30 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 08.15 WIB.

Kenyamanan dari rangkaian kereta baru ini dapat dikatakan sangat nyaman. Pasalnya, satu kereta penumpang berjajajar 51 tempat duduk dengan jarak kaki yang lebih lebar. Selain itu, kursi penumpang juga bisa disandarkan sesuai keinginan. Fitur lain dari rangkaian baru ini adalah adanya peneduh kaca jendela, meja portabel, lampu baca, dan toilet duduk.

Diluncurkannya rangkaian kereta api baru ini menjadi keistimewaan tersendiri untuk KA Turangga. Pasalnya, kereta api yang satu ini umumnya membawa rangkaian dengan usia yang sudah tua yaitu sekitar 20-30 tahun. Dengan adanya perubahan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan tingkat ‘kelarisan’ dari KA Turangga. Dalam waktu dekat, nantinya ada enam kereta api lagi yang akan diganti rangkaiannya dengan rangkaian yang terbaru ini. (ldr)

Sumber gambar: Infonawacita.com


Beberapa bagian informasi pada liputan ini dikutip dari Harian Surya 18 April 2018. Disempurnakan kembali oleh The Coco Post.

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: