China Perkenalkan Kereta Cepat Tanpa Masinis

CGTN

MALANG (INDONESIA), Thecocopost.id-Di kala Indonesia baru menerapkan teknologi tanpa masinis pada LRT, China telah menerapkannya di kereta cepatnya. Kereta yang diperkenalkan oleh China tersebut dikabarkan mampu melaju hingga 350 km per jam.

Kereta cepat tersebut beroperasi di antara Kota Beijing dan Zhangjiakou, tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022. Dengan kelajunya itu, kereta cepat itu hanya membutuhkan waktu 47 menit.

Kereta cepat, yang diketahui bernama Jing-Zhang itu akan singgah di beberapa stasiun lainnya dalam perjalanan dari Beijing menuju Zhangjiakou. Pengoperasian pertama kereta tersebut dilakukan pada 30 Desember 2019 dengan 30 perjalanan per harinya.

Beberapa keunggulan dari kereta ini, di samping kecepatannya, adalah adanya tempat penyimpanan peralatan olahraga musim dingin serta kursi dengan kotrol layar sentuh 5G. Ada pula, tempat duduk yang bisa dilepas untuk penumpang berkebutuhan khusus dan sensor keselamatan.

Kereta ini juga secara otomatis melaju, berhenti, dan menyesuaikan kecepatannya. Meski begitu, di dalam kereta tetap ada petugas yang akan mengawasi perjalanan kereta di ruang kendali.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: