Besi Melintang, KA Malabar BLB

Thecocopost.id-Kabupaten Tulungagung. Kereta Api Malabar relasi Malang-Bandung berhenti luar biasa (BLB) di petak antara Stasiun Ngujang dan Stasiun Kras, tepatnya di Dusun Cakruk, Kepuhrejo, Ngantru. Berhentinya kereta api ini disebabkan oleh sebuah besi yang melintang di tengah rel.

Menurut keterangan dari masinis, saat itu kereta api melaju 90 km/jam dan melaju ke arah Kediri sekitar pukul 18.30 WIB pada Kamis (17/5). Melihat besi yang melintang, masinis segera melakukan pengereman meskipun kereta api masih sempat menyenggol besi yang melintang di tengah rel.

Supriyanto, Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daerah Operasional (Daop) VII Madiun mengatakan, besi yang  melintang di atas rel kereta api dapat membahayakan kereta api. Hingga berita ini ditulis masih belum diketahui asal besi yang melintang di atas rel tersebut. Dugaan sementara, besi tersebut sengaja diletakkan di perlintasan kereta api. Dia juga menambahkan, besi tersebut berpotensi menyebabkan kereta api anjlok.

Akibat kejadian tersebut, KA Malabar sempat berhenti lama di Stasiun Kediri untuk pemeriksaan ulang kondisi kereta api. Setelah dinyatakan aman, kereta api melanjutkan perjalanannya. Saat ini, PT KAI juga masih melacak asal besi ini.

Kejadian ini kemudian dilaporkan pihak PT KAI ke kepolisian setempat. Kapolsek Ngantru, AKP Maga Fidri Isdiawan mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari PT KAI. Besi yang melintang juga sudah diamankan sebagai barang bukti. Dia menambahkan, sudah dilakukan penyelidikan namun masih belum bisa dipastikan.

Dugaan sementara, besi tersebut adalah milik pekerja yang ada di lokasi kejadian. Hal itu dikarenakan adanya sejumlah pekerja yang ada di lokasi. Namun, belum diketahui secara pasti mengenai perbaikan yang dilakukan oleh pekerja-pekerja tersebut.

Kemungkinan, besi yang melintang tersebut adalah milik pekerja yang tertinggal ketika selesai melakukan pekerjaan di sore hari. Keberadaan besi tersebut baru diketahui ketika KA Malabar akan melintas. Hingga saat ini belum ditemukan unsur kesengajaan dalam insiden tersebut. Namun, polisi masih melakukan penyelidikan hingga saat ini. (ldr)

Foto: Kereta Api Malabar (oleh id.railfansid.wikia.com)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: