Beberapa Member JKT48 Mengumumkan Kelulusannya

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. JKT48 kembali ditinggal oleh beberapa membernya.

Michelle Christo (Michelle), Jennifer Rachel (Rachel), Hasyakyla Utami (Kyla), Thalia Ivanka E (Vanka), Syahfira Angela N (Angel), Stephanie Pricilla (Stefi) mengumumkan untuk lulus dari JKT48.

Kabar tersebut diketahui pertama kali dari cuitan dari salah satu Fanbase JKT48 di Twitter, @OfficialMRK, dan postingan Fanbase JKT48 lainnya di Instagram, @adajkt48 tentang pengumuman kelulusan dari beberapa member tersebut.

Sebelum melanjutkan informasi mengenai Senbatsu Sousenkyo, General Manager JKT48, Melody Nurramdhani Laksani menyampaikan bahwa ada beberapa member yang tidak akan mengikuti Senbatsu.

“Ada beberapa member yang memutuskan untuk tidak ikut serta di dalam Sousenkyo. Nama yang saya panggil silahkan maju ke depan,” kata Melody pada Minggu (18/8/2019) di Theater JKT48 fX Sudirman.

Menurut pantauan The Coco Post Indonesia, berikut adalah member yang mengumumkan kelulusan beserta alasan kelulusannya.

Kyla: Merasa tidak cocok dengan JKT48

“Selamat malam semuanya. Aku awalin dari sedikit cerita ya. Jadi awalnya aku masuk JKT48 itu karena bener-bener nggak sengaja. Awalnya itu aku pulang sekolah terus diajakin audisi tanpa berharap apa-apa. Tanpa aku cari tau dulu sebelumnya trus keterima. Terus seneng ya. Siapa yang nggak seneng jadi member di JKT48. aku disini itu bertujuan untuk belajar dan cari pengalaman baru. Kemudian aku seiring berjalannya waktu 3,5 tahun ini menemukan ketidakcocokan JKT48 sama aku. Aku nggak ngerti gimana konsep idol grup dan aku ngerasa itu bukan aku banget aku ngerasa nggak jadi diri aku sendiri. Terus rumah aku kan di Bandung, aku ngerasa ini saatnya untuk aku pulang ke Bandung. Aku Hasyakila Utami memutuskan untuk lulus dari JKT48.”

Rachel: Sudah lama di JKT48

“Halo semuanya. Jadi sebenernya aku sudah mikir ini dari 1 tahun yang lalu. Aku kan di JKT udah lama ya udah 7 tahun di sini, dari umur 13 sampek 20 sekarang. Aku disini sudah dapet banyak hal dan fase juga. Dari yang bener-bener aku semangat sampek aku semangat tapi ada sakitnya juga. Sampek aku ada di titik jenuh aku dan buat aku mikir juga buat apa sih aku di sini, apa yang aku cari disini? Dan aku mikir apa bener mimpi aku disini? Saat aku mikirin semuaitu aku bener-bener ada di titik terendah aku. Sampe aku akhirnya mikir lagi sebenernya aku harus ngikutin arus ini dan bertahan di sini atau sebenernya ada sesuatu yang lebih besar yang bisa aku lakuin selain di sini. Akhirnya aku mikir aku harus lakuin sesuatu dan ngga bisa diem dan nyaman di zona ini. Semakin besar aku tahu banyak keputusan-keputusan besar yang harus diambil dan harus dihadapi dalam hidup. Menurut aku ini udah berat juga dan aku ada di persimpangan jalan dan Aku harus milih. Ya jadi menurut aku semuanya, walaupun di akhirnya terlihat muncul harapan gitu tapi aku di sini udah 7 tahun gitu. Kayak untuk bisa berdiri seperti saat ini itu banyak pengorbanan, keringat, air mata juga yang keluar. Untuk bisa ada di sini sampai saat ini. Dan menurut aku semua yang ada di dunia ini ada waktunya. Ya kan? Ada waktu orang tidur, ada waktu orang bangun tidur, ada waktu orang lahir, ada orang meninggal. Ada waktu orang dateng dan ada waktu orang pergi juga. 12 November 2012 adalah waktu aku dateng ke JKT48 dan hari ini adalah waktu aku untuk memutuskan pergi dari JKT48. aku Jenifer Rachel dari Tim KIII mengumumkan untuk lulus dari JKT48.”

Michelle: Ingin fokus mengembangkan bisnis dan menjadi entrepreneur

“Halo semuanya. Aku udah mikirin ini dari setahun yang lalu. Entah kenapa ini aku tungguin karena apa ya. Aku tahun ini udah mau 20 tahun, aku masih banyak masalah di luar sana. Keluarga, diri aku sendiri. Alasan aku memutuskan hal ini karena aku masih punya mimpi di luar sana. Aku ingin banget buka usaha sendiri. Aku ingin banget jadi entrepreneur. Kalo aku ngelakuin ini dengan JKT48 aku gak bisa. Aku harus memfokuskan ini lebih lagi. Aku minta maaf kalo selama aku di JKKT48 aku punya salah sama kalian. Aku berterima kasih buat kalian yang ngedukung aku sampai sekarang. Di mulai dari aku yang diaatas sampai aku di bawah sampai aku di atas lagi. Dari mulai aku yang ditubirin, diomongin semua fans, tapi kalian selalu ngedukung aku sampai sekarang. Selesainya kemarin aku mikir, kayanya aku ga bakal masuk deh. Emang masih ada fans yang dukung aku? Aku tau pilihan ini berat. Cuman aku sudah mikirin ini secara mateng-mateng dan aku udah ngobrol sama beberapa staf kenapa aku begini kenapa aku harus memilih untuk memilih keluar dari zona nyaman aku. Kalian tau kalo JKT48 emang zona nyaman kan? Tiap hari di sini seneng-seneng bareng temen-temen member. Cuman menurut aku itu kurang karena aku ingin mengeksplor diri aku lebih lagi. Maka dari itu saya Michele Christo dari JKT48 Tim J akan lulus dari JKT48.”

Stefi: Ingin fokus pendidikan dan melanjutkan pendidikan di Jepang

“Selamat malam semuanya. Sebenernya ini salah satu keputusan yang sangat berat aku. Karena aku punya planning ini. Aku punya rencana ini dari awal tahun 2019 kemarin. Aku mau lanjutkan studi aku di Jepang. Dan aku mau meminta maaf kan aku pernah membuat masalah kemarin maupun belum sampai selesai. Tapi aku udah bicara sama manajemen juga dan mulai Oktober aku mulai berangkat (ke Jepang). Jadi sebelum itu aku akan menghentikan semua kegiatan aku di JKT48 karena aku pikir aku udah 6 tahun di JKT48 ini. Saatnya aku harus nglanjutin pendidikan aku ke yang lebih serius lagi. Karena keluarga aku semuanya udah khawatir banget sama aku dan aku mikir aku harus mengambil apa yang bener-bener jadi mimpi aku. Walaupun mungkin aku harus ninggalin JKT48 tapi aku mohon dukungannya untuk aku dan JKT48 selalu.”

Angel: Ingin fokus ke pendidikan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi

“Selamat malam semuanya. Selama hampir 6 tahun ini aku banyak banget aku merasa ingin menyerah dan menghentikan semuanya. Tapi saat itu aku masih seperti anak kecil. Aku cuma berpikir karena capek dan masih egois. Tapi nggak kerasa aku sekarang mau kuliah. Waktu awal masuk aku waktu itu masih SMP. Makin lama aku juga makin dewasa. Aku ngerasa aku ngga bisa selamanya di zona nyaman. Dan zona nyaman aku di JKT48. Banyak mimpi yang belum aku raih dan aku ingin meraihnya. Aku sayang kalian dan aku sayang JKT48. Tapi ini bukan akhir dari karir aku. Karena banyak pengalaman dan hal baru di luar sana yang ingin aku coba. 6 tahun itu bukan waktu yang sebentar. Aku sayang semuanya lebih dari apapun. Kalian sudah mengajarkan aku banyak hal dari aku Tim T ke Tim J sampe aku ke Tim T lagi. Terima kasih untuk semua bantuannya. Aku Syahfira Angela mengumumkan untuk lulus dari JKT48.”

Vanka: Ada masalah keluarga dan ingin fokus ke pendidikan

“Halo semuanya. Menurut aku setiap orang itu ada masanya. Dan menurut aku 7 tahun itu adalah waktu yang tepat untuk mengambil keputusan ini. Karena jujur aku sedang memikirkan ini dari tahun 2016, ya saat aku masih Tim J. Dan aku kira-kira masih 17 tahun. Kenapa? Karena aku tau JKT48 itu sangat keras dan membutuhkan pengorbanan yang sangat keras juga. Seperti aku harus menyesuaikan latihan, sekolah, dan jadi remaja biasa. Aku sendiri pun seperti yang kalian tau aku ngga suka basa basi. Aku suka jadi diriku sendiri. Aku nggak terlalu dengerin omongan orang. Dan aku suka itu. Tapi aku tau di JKT48 itu aku tidak bisa seperti itu. Dan menurut aku juga belakangan ini aku ada suatu momen dimana aku ngga bisa ceritain di sini. Aku ngga bisa ngomongin di sini karena itu masalah pribadi aku. Tiap aku di panggung ini kenapa aku sering telat, kenapa aku suka jarang ikut teater. Aku punya masalah keluarga di dalam itu yang kalian ngga harus tau. Dan aku hampir tiap hari menahan diri, untuk selalu tersenyum di hadapan kalian. Bukannya aku fake atau gimana, tapi aku tau aku harus profesional di JKT48, mau gimanapun diri aku dibelakang, aku di sini harus semangat. Tapi aku pernah bilang di saat ulang tahunku yang kemarin. Saat aku berumur 20 tahun aku memutuskan kalo aku juga harus memikirkan diri aku sendiri. Aku nggak bisa setiap aku kesini aku harus profesional, aku harus seneng di hadapan kalian. Aku juga harus memikirkan diri aku sendiri. Aku juga harus seneng juga kan? Karena aku tahu hidup aku masih panjang. Aku baru 20 tahun. Walaupun berat banget buat aku berkegiatan di sini, tapi aku yakin aku ngga pernah nyesel berada di bagian grup ini karena aku bisa belajar banyak, terus aku bisa ketemu kalian, kita bisa melukiskan memori yang indah. Dan aku sadar juga, masih banyak mimpi yang belum tercapai. Aku masih pengen mengeksplor diri aku. Aku masih pengen fokus di pendidikan, mungkin bagi kalian itu keliatannya ‘Ah semua member bilang fokus pendidikan’, karena jujur aja ngatur pendidikan kuliah sambil di JKT-an itu susah banget. Kalian aja yang jadi penggemar JKT48, kalian tau kan ya, aku sering denger kaya ‘Maaf ya aku jarang teateran aku sibuk kuliah aku sibuk ini aku sibuk itu’. Gimana dengan kami? Gimana dengan member JKT48? yang kuliah sambil JKT-an. Menurut aku itu berat banget. Dan jadi menurut aku alasan itu sama sekali ngga bullshit karena jujur susah banget dan yang kedua aku pengen melanjutkan mimpi-mimpiku yang belum tercapai juga. Mungkin di dunia perfilman, di dunia entertaint, atau aku pengen banget bikin bisnis nantinya. Saat aku lulus. Jadi semuanya doain aku agar mimpi aku tercapai. Semoga kalian tetap senang, semoga kalian tidak kecewa sama keputusan aku. Saya Thalia Ivanka mengumumkan akan lulus dari JKT48.”

Usai penyampaian kelulusan dari para member tersebut, Melody berharap para fans bisa mendukung keputusan mereka.

“Terima kasih banyak kami harap para fans sekalian juga dapat mendukung keputusan mereka, karena mereka telah menemukan mimpinya masing-masing. Mohon dukungannya.”

Sementara itu, reaksi fans JKT48 usai pengumuman kelulusan tersebut ditunjukkan melalui cuitannya di Twitter.

Irvan Dwi Oktavio melalui Twitter pribadinya, @irvoktavio, menunjukkan kesedihannya melalui cuitannya, karena melihat member yang diidolakan-nya, memutuskan untuk graduate dari JKT48.

Dalam cuitannya, Irvan, meng-oshi-kan Stefi, yakni Member JKT48 Academy Class A.

Member JKT48 yang mengumumkan kelulusannya pada hari Minggu (18/8/2019), tidak akan berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan pemilihan Senbatsu Sosenkyo yang diadakan pada tahun ini.

(mbw/ldr)

Mochammad Bagas Widiyakto

A freelancer who love anything that I want.

%d blogger menyukai ini: