Aturan-Aturan Mudik Menggunakan Kereta Api

Foto: Kereta Api Cirebon Express (ilustrasi) (en.wikipedia.org)

Thecocopost.id-Cirebon. PT KAI tetapkan masa angkutan Labaran 2018 selama 22 hari sehak 5 Juni hingga 26 Juni 2018. Penumpang dihimbai mematuhi aturan-aturan yang berlaku.

Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon mengatakan, peraturan untuk setiap penumpang KA di antaranya mengenai ketentuan bagasi tidak boleh melebihi 20 kg. Jika melebihi akan dikenakan bea tambahan senilai Rp10.000 per kg untuk kelas eksekutif, Rp6.000 per kg untuk kelas bisnis, dan Rp2.000 per kg untuk kelas eksekutif.

“Penumpang dilarang membawa bahan yang mudah meledak, narkoba, senjata api dan senjata tajam, hewan peliharaan, dan barang-barang berbau menyengat yang dapat mengganggu penumpang lain,” kata Krisbiyantoro pada Selasa (29/5) dikutip dari laman Republika.co.id.

Krisbiyantoro memastikan bahwa perjalanan KA bebas asap rokok. Untuk semua penumpang tidak diperkenankan merokok di atas KA. Jika kedapatan merokok, penumpang akan diturunkan di stasiun pertama KA berhenti.

Untuk ibu hamil, yang diperkenankan aik KA jarak jauh adalah yang memiliki usia kehamilan 14-28 pekan. Sedangkan untuk usia kehamilan di luar rentang tersebut, harus menyertakan surat keterangan dari dokter atau bidan yang menyatakan kondisi ibu dan kandungan sehat, dan wajib didampingi minimal 1 penumpang dewasa.

PT KAI juga memberikan pelayananan kepada pengguna jasa angkutan KA selama angkutan mudik yaitu menggelar buka puasa dan sahur gratis untuk penumpang di atas KA mulai H-10 Lebaran.

Selain itu, KAI juga mempermudah penumpang dengan menyediakan e-boarding pass sehingga tidak perlu mengantre untuk mencetak boarding passs di mesin CIC. Layanan ini hanya ada di aplikasi KAI Access versi terbaru.

“Pengguna jasa KA agar tidak lupa membawa kartu identitas untuk pengecekan saat boarding,” tutup Krisbiyantoro. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: