Antisipasi Listrik Padam, PLN Siapkan PLTD Senayan Jadi Sumber Listrik Cadangan MRT

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero/PLN) Haryanto W.S. memperkenalkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan berkapasitas 101 Megawatt (MW) sebagai pembangkit yang akan menjadi sumber listrik cadangan moda raya terpadu (MRT).

Melalui keterangan tertulisnya di Jakarta pada Kamis (8/8/2019), Haryanto mengatakan, PLTD Senayan akan mulai beroperasi pada bulan Oktober 2019 dan akan stand by sebagai back up emergency untuk MRT.

Pasokan listrik operasional MRT menggunakan dua sumber listrik yang berbeda.

Oleh sebab itu jika sumber pasokan listrik utama mengalami gangguan, secara otomatis sistem kelistrikan akan beralih ke sumber cadangan.

Namun, apabila dua pasokan tersebut terganggu seperti halnya yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) lalu, sumber listrik untuk operasional MRT akan dipasok dari PLTD Senayan sebagai listrik cadangan atau back up terakhir dan dapat bertahan setidaknya delapan sampai sepuluh jam dengan kondisi bahan bakar penuh.

Sebelumnya, akibat padamnya listrik yang cukup lama pada Minggu (4/8/2019), seluruh transportasi publik seperti MRT, Lintas Rel Terpadu (LRT), dan Kereta Rel Listrik (KRL) lumpuh.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: