Antisipasi Angka Kecelakaan yang Tinggi, Wagub Sumbar Usulkan Pelajar Piket Jaga Perlintasan

Thecocopost.id-PADANG, INDONESIA. Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengusulkan pelajar Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai piket jaga di perlintasan kereta api (KA), utamanya di perlintasan KA yang berada di dekat sekolahnya.

Hal ini dikarenakan banyaknya perlintasa liar di Sumbar maupun perlintasan sebidang yang tidak dijaga meskipun sudah memiliki palang pintu.

Nasrul mengatakan, angka kecelakaan di perlintasan KA Sumbar cukup tinggi. Tahun ini, sudah ada tujuh orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan di perlintasan KA. Namun, kebijakan ini dikembalikan lagi ke pihak sekolah.

Lebih lanjut menurut Nasrul, pelajar sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas harus diikutsertakan untuk menjaga perlintasan khususnya di sekolah yang melewati atau dekat dengan perlintasan sebidang.

Oleh sebab itu, nantinya Wagub akan meminta PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) untuk membagikan jadwal perjalanan kereta api ke sekolah dan masyarakat supaya jadwal piket bisa disusun.

Menurut data PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI), tercatat sebanyak 325 titik perlintasan sebidang di Sumbar. Dari jumlah tersebut, baru 22 yang merupakan perlintasan resmi dan memiliki penjaga.

Perlintasan tidak resmi tetapi memiliki palang dan tidak memiliki penjaga sebanyak 25 titik. Serta 278 titik perlintasan liar tanpa palang dan tanpa penjaga.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: