5 Kecelakaan Kereta Api Terparah di Indonesia

Suara Kumandang Indonesia

Thecocopost.id-MALANG. Kecelakaan kereta api atau biasa disebut Peristiwa Luar biasa Hebat (PLH) dalam istilah kedinasan perkeretaapian Indonesia pernah beberapa kali terjadi dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Penyebabnya bermacam-macam, mulai kesalahan teknis hingga human error. Apa saja PLH yang pernah terjadi pada kereta api di Indonesia?

1. PLH Lembah Anai, Sumatera Barat

description
Iyakan.com

PLH Lembah Anai di Sumatera Barat terjadi pada hari Natal tahun 1994. Akibat PLH ini, 200 orang tewas dan 250 orang lainnya luka-luka. PLH ini terjadi karena kereta api yang melalui jalur ini gagal dalam pengeremannya. Jalur Lembah Anai memang terkenal terjal dan rawan kecelakaan.

2. PLH Bintaro

description
Googlekampung.blogspot.com

PLH Bintaro terkenal menjadi peristiwa kecelakaan kereta api terparah dalam sejarah perkeretaapian. PLH ini terjadi pada 19 Oktober 1987, di mana saat itu KA Tanah Abang-Merak dan KA Lokal Rangkasbitung-Tanah Abang bertabrakan antar kedua lokomotifnya yaitu BB 303 16 dan BB 306 16 di daerah Bintaro. Akibatnya, 134 korban tewas dalam PLH Bintaro.

3. PLH Depok

description
Medcom.id

PLH Depok ini terjadi pada tahun 1968 yang melibatkan KA Bumel. Akibat dari PLH ini, 116 orang menjadi korban jiwa.

4. PLH Brebes

description
Cirebonradio.com

Masih di hari Natal pada tahun 2001, KA Empu Jaya menabrak KA Gaya Baru Malam Selatan yang sedang menunggu persilangan di Stasiun Ketanggungan Brebes. Akibatnya, 45 orang dilaporkan tewas.

5. PLH Surabaya Membara

description
Beritanews.id

PLH ini terjadi saat peringatan hari pahlawan tahun 2018 di Surabaya. PLH yang satu ini terjadi karena kelalaian manusia. Kronologinya, saat pementasan drama kolosal Surabaya Membara banyak penonton yang menonton di viaduk yang merupakan jalur kereta api aktif. Tiba-tiba melintas sebuah KA Lokal akan melewati viaduk untuk memasuki Stasiun Surabaya Kota, penonton yang berada di atas viaduk panik berlompatan ke bawah viaduk yang tingginya mencapai 7 meter. Akibat PLH ini, 3 orang meninggal dan 20 orang luka-luka.

Itulah kelima PLH yang melibatkan kereta api guys. Selalu berdoa agar kejadian serupa tidak terjadi ya guys. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: