4 Tips Pesan Tiket Mudik ala PT KAI

Stasiun Kediri (Jatimsmart.id)

MALANG (INDONESIA), Thecocopost.id-Tiket Kereta Api Lebaran 2020 sudah bisa dipesan mulai H-90 sebelum keberangkatan atau Jumat (14/2/2020) kemarin. Kebijakan ini berlaku serentak di semua Daerah Operasional (Daop) dan Divisi Regional (Divre) yang ada.

Bagi kalian yang sudah sangat antusias untuk kembali ke kampung halaman dan bertemu keluarga saat Hari Raya Idul Fitri nanti pastinya sudah mulai berburu tiket Lebaran ini. Nah, agar perjalanan Lebaran menjadi lebih lancar lagi, simak dulu empat tips dari PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) ini.

1. Pastikan Internet Stabil
Ilustrasi koneksi internet stabil (PCMag.com)

Tips #1 pastikan koneksi internet yang kalian gunakan stabil, terutama buat kalian yang membeli tiket secara online melalui website PT KAI, aplikasi KAI Access, dan kanal penjualan tiket lainnya. Koneksi internet yang tidak stabil bisa menyebabkan tiket yang akan dipesan menjadi gagal diproses dan tiket gagal terbeli. Tentunya, kalian tidak ingin kan hal itu terjadi?

2. Lebih Teliti
Ilustrasi ketelitian (Trustedemployees.com)

Tips #2 adalah lebih telitilah dalam memesan tiket KA Lebaran. Agar tiket yang sudah dipesan nanti tidak sia-sia, pastikan kalian teliti dalam memasukkan tanggal keberangkatan, rute, dan data diri ketika memesan. Tiket yang tidak sesuai keberangkatan, rute, dan data diri tidak bisa digunakan untuk naik kereta di tanggal keberangkatan yang sudah direncanakan.

3. Manfaatkan Kanal Penjualan PT KAI
Ilustrasi memesan tiket lewat kanal penjualan eksternal (Lifepal.co.id)

Tips #3 adalah memanfaatkan kanal penjualan tiket PT KAI. Kalian tidak perlu repot-repot ke stasiun untuk membeli tiket Lebaran karena sekarang PT KAI sudah memiliki banyak kanal penjualan tiket. Beberapa kanal penjualan tiket yang bisa kalian gunakan antara lain website PT KAI, aplikasi KAI Access, minimarket, Traveloka, Tiket.com, dan masih banyak lagi.

4. Jangan Beli di Oknum yang Tidak Jelas
Ilustrasi menolak (Marketingland.com)

Tips #4 hindari membeli tiket di oknum-oknum yang tidak jelas dan mengenakan biaya jasa yang tidak wajar (baca: Calo dan semacamnya). Membeli tiket di luar kanal penjualan resmi PT KAI bisa membahayakan kalian karena harga yang ditentukan pasti lebih mahal dari harga seharusnya. Selain itu, data pribadi kalian bisa saja bocor dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah empat tips memesan tiket mudik Lebaran versi PT KAI. Jika kalian punya tips lainnya, yuk berbagi lewat di media sosial Twitter dan Instagram kita. Selamat mudik Lebaran and have a nice trip!

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: