4 KA Baru yang Diluncurkan PT KAI Pada GAPEKA 2019

Thecocopost.id-MALANG, INDONESIA. Halo, pembaca setia The Coco Post Indonesia. Setelah kemarin ramai diperbincangkan mengenai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2019, kali ini kita akan membahas sedikit tentang 4 KA baru.

Jika pembaca jeli membaca artikel The Coco Post Indonesia yang berjudul “GAPEKA 2019 Berlaku 1 Desember, Perjalanan KA Alami Perubahan“, maka pembaca akan mendapati adanya KA baru. Setidaknya, ada 4 KA baru yang akan dioperasikan PT KAI sejak 1 Desember 2019 mendatang. Apa saja itu? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

1. Anjasmoro Ekspres

Anjasmoro Ekspres adalah KA baru yang akan melayani pengguna jasa yang bepergian antara lintas Jombang (JG)-Yogyakarta (YK)-Pasar Senen (PSE) PP. Kereta akan diberangkatkan pada pukul 21.40 WIB dari JG dan tiba dari PSE pada 10.47 WIB. Kemudian, pukul 05.25 WIB diberangkatkan dari PSE dan tiba di JG pada 17.35 WIB.

Kereta ini merupakan kereta kelas campuran Eksekutif dan Ekonomi. Harga tiket yang diberlakukan adalah Rp230 ribu-Rp300 ribu untuk kelas Ekonomi dan Rp340 ribu-Rp540 ribu untuk kelas Eksekutif.

Adapun stasiun pemberhentian dari kereta ini, antara lain Jombang (JG), Kertosono (KTS), Nganjuk (NJ), Caruban (CRB), Madiun (MN), Ngawi (NGW/Eks Stasiun Paron (PA)), Sragen (SR), Solo Balapan (SLO), Klaten (KT), Yogyakarta (YK), Kutoarjo (KTA), Kebumen (KM), Kroya (KYA), Purwokerto (PWT), Cirebon Prujakan (CNP), Pegadenbaru (PGB), Jatinegara (JNG), dan Pasar Senen (PSE).

2. Dharmawangsa Ekspres

KA Dharmawangsa Ekspres akan melayani pengguna jasa yang akan bepergian di antara lintas Surabaya Pasar Turi (SBI)-Pasar Senen (PSE) PP. Kereta akan diberangkatkan dari SBI pada 22.35 WIB dan tiba di PSE pada 08.36 WIB. Serta diberangkatkan pukul 08.25 WIB dari PSE dan tiba di SBI pada 19.30 WIB.

Kereta ini memiliki kelas campuran Eksekutif dan Ekonomi. Harga Rp130 ribu-Rp160 ribu untuk Kelas Ekonomi dan Rp350 ribu-Rp530 ribu untuk Kelas Eksekutif.

Adapun stasiun pemberhentian dari kereta ini, antara lain Surabaya Pasar Turi (SBI), Lamongan (LMG), Babat (BBT), Bojonegoro (BJ), Cepu (CU), Randublatung (RBG), Ngrombo (NBO), Semarang Tawang (SMT), Weleri (WLR), Pekalongan (PK), Tegal (TG), Brebes (BB), Cirebon Prujakan (CNP), Pegadenbaru (PGB), Jatinegara (JNG), dan Pasar Senen (PSE).

3. Argo Cheribon

KA Argo Cheribon bisa dikatakan hanya mengalami perpanjangan rute hingga Pemalang. Kereta ini bukan kereta baru, namun merupakan rebranding dari 3 KA eksisting yakni KA Argo Jati, Cirebon Ekspres, dan Tegal Bahari. Kereta mulai dioperasikan sejak 16 Agustus 2019 lalu.

Kereta ini akan melayani penumpang yang bepergian di lintas Tegal (TG)-Pemalang (PML)-Gambir (GMR) PP mulai 1 Desember 2019. Diberangkatkan dari TG pada 05.20 WIB dan 06.35 WIB dari PML.

4. Sancaka Utara
KAI121

KA Sancaka Utara akan melayani penumpang yang akan bepergian di lintas Surabaya Pasar Turi (SBI)-Kutoarjo (KTA). Kereta ini akan melewati jalur yang telah tidur selama 14 tahun, yakni jalur Gambringan-Gundih.

Kereta ini merupakan kereta kelas campuran Eksekutif dan Bisnis. Pemberangkatan dilakukan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI) pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Kutoarjo (KTA) pada 14.07 WIB. Kemudian diberangkatkan kembali dari KTA pada 17.15 WIB dan tiba di SBI pada 00.35 WIB.

Tarif yang ditetapkan sebesar Rp150 ribu-Rp270 ribu untuk kelas Bisnis dan Rp280 ribu-Rp330 ribu untuk kelas Eksekutif.

Adapun stasiun pemberhentian kereta ini, antara lain Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI), Lamongan (LMG), Babat (BBT), Cepu (CU), Randublatung (RBG), Kradenan (KNN), Gambringan, Gudih (GD), Solo Balapan (SLO), Klaten (KT), Yogyakarta (YK), Wates (WT), dan Kutoarjo (KTA).

Sebagai tambahan catatan, jadwal, tarif, dan ketersediaan tempat duduk yang disampaikan dalam artikel ini bisa saja mengalami perubahan. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi media sosial resmi PT KAI.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: